Cara Membedakan Sel Sperma Sehat atau Tidak, Sudah Tahu?

Selalu pertahankan gaya hidup sehat agar sperma dalam kondisi baik dan bisa membuahi.

Mutia Nugraheni
| 29 Maret 2021 12:00

Bentuk dan Pergerakan

Bentuk sperma
Ciri sperma yang sehat memiliki morfologi kepala berbentuk oval dan ekor yang panjang, sedangkan sperma yang tidak sehat terkadang memiliki ekor yang pendek atau kepala tidak oval. Terkadang sperma yang tidak berbentuk normal bisa saja ada saat ejakulasi, tapi hal ini wajar saja selama jumlahnya lebih sedikit daripada jumlah sperma yang berbentuk normal.

Pergerakan sperma
Indikator lainnya adalah memperhatikan motilitas sperma. Untuk mengetahuinya perlu melakukan analisis sperma di laboratorium, tidak bisa dilihat secara kasat mata. Ciri sperma yang tidak sehat adalah bila pergerakannya tidak lincah, umumnya sperma seperti ini sulit untuk bisa membuahi sel telur karena untuk melakukan pembuahan sperma harus bergerak lincah.

Apabila hasil tes menunjukan ada sekitar 60 persen sperma yang memiliki motilitas ada kemungkinan seorang pria tidak subur. Dibutuhkan 40 persen sperma dengan pergerakan yang baik untuk dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Kekentalan air mani
Untuk membedakan sperma subur atau tidak dengan kasat mata paling mudah dengan melihat kekentalan air mani. Cairan mani yang tampak encer dan tidak terlalu lengket kemungkinan mengandung sel sperma yang sedikit. Tetapi hal ini tidak menjadi penentu subur tidaknya sperma.

Pasalnya, tingkat kekentalan air mani bisa berubah karena berbagai faktor, seperti kadar cairan tubuh. Namun patut dicurigai apabila air mani yang keluar hampir selalu encer, kemungkinan hal tersebut memang disebabkan oleh jumlah sperma yang sedikit. Selengkapnya baca di sini.


Laporan Josephine Widya

Selanjutnya :

#DreamTestPack, Dokter Ungkap Fakta Soal 'Sperma Encer'

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan