Cara Efektif Bersih-bersih Mainan Si Kecil

Bakteri sangat suka berkembang biak di mainan yang kotor, apalagi jika disimpan di tempat yang lembap.

Mutia
| 12 Oktober 2018 14:13

Dream - Salah satu benda yang sangat kotor dan selalu dimainkan si kecil adalah mainan-mainannya yang ada di kotak penyimpanan. Tumpukan debu, bercampur dengan tumpahan minuman atau makanan.

Tentunya bakteri sangat suka berkembang biak di mainan yang kotor, apalagi jika disimpan di tempat yang lembap. Untuk itu pastikan Anda rutin membersihkannya demi kesehatan si kecil dan seluruh anggota keluarga.

Agar proses bersih-bersih menjadi lebih efektif kelompokan berdasarkan bahan atau materialnya. Lalu bersihkan dengan cara berikut:

Boneka atau mainan dengan bahan kain
Boneka binatang dengan bahan bebulu atau buku kain merupakan gudangnya debu. Jika tak dicuci secara rutin, tumpukan debunya bisa memicu alergi dan sesak napas.

Untuk itu pastikan setiap satu kali dalam sebulan cuci boneka dan mainan berbahan kain di mesin cuci. Gunakan sabun berbahan lembut dan tambahkan sedikit baking soda agar warnaya kembali cerah. Jemur hingga kering kemudian baru bisa digunakan kembali.

Mainan balok dan plastik
Bagian-bagian balok biasanya tercecer di rumah dan dipenuhi deu. Begitu juga mainan plastik yang biasa digunakannya. Untuk membersihkannya cukup mudah.

Sediakan ember berukuran besar, masukan deterjen serta cairan disinfektan kemudian rendam mainan-mainan tersebut. Diamkan selama 5 menit. Setelah itu sikat jika terdapat kotoran yang membandel, baru kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Board books
Untuk buku satu ini biasanya dipenuhi dengan minyak atau bekas tangan si kecil. Untuk membersihkannya gunakan tisu basah yang mengandung disinfektan kemudian keringkan dengan kain lap bersih. Angin-anginkan sebentar baru kemudian taruh kembali di rak.

Tanggapan warga Jakarta setahun kepemimpinan Anies

Jangan Lewatkan