Cara Bikin Puree Simpel untuk Makanan Pendamping ASI

Salah satu menu sederhana yang sangat dibuat adalah puree. Teksturnya sangat kental, biasanya terdiri campuran 2 atau 3 buah dan sayur.

Mutia Nugraheni
| 25 Juli 2017 16:05

Dream - Menyiapkan makanan untuk bayi usia 6 hingga 1 tahun jadi tantangan tersendiri bagi ibu. Bukan hanya mempertimbangkan nutrisi tapi juga rasa dan kepraktisan. Terutama jika ibu bekerja dan hanya punya waktu yang sempit membuat makanan buah hati.

Salah satu menu sederhana yang sangat mudah dibuat adalah puree. Teksturnya sangat kental, biasanya terdiri campuran 2 atau 3 buah dan sayur. Puree ini sebenarnya bisa dibuat sekaligus untuk 3 hari, sehingga lebih praktis.

Misalnya, membuat puree peek-a-boo potato yang berbahan kentang dan kacang polong. Kukus kentang dan kacang polong hingga lunak. Saat masih hangat blender dengan mencampur sedikit air.

Siapkan wadah kaca dengan tutup yang rapat seperti wadah selai kecil. Masukkan hasil blender kentang dan kacang polong ke dalam wadah-wadah tersebut dengan ukuran satu porsi makan si kecil. Diamkan hingga dingin.

Setelah dingin bisa langsung dimasukkan kulkas tapi pastikan wadahnya tertutup rapat. Jika dimasukkan kulkas bisa tahan 2 hingga 3 hari. Tapi jika dimasukkan dalam freezer bisa tahan hingga 1 bulan. Praktis, bukan? Lihat saja cara pembuatan dan resep lainnya di video berikut.

Topik Terkait :

Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal

Jangan Lewatkan