Cara Aman Redakan Jerawat Saat Hamil

Umumnya terjadi pada trimester pertama akibat meningkatnya produksi sebum atau minyak akibat pengaruh hormon androgen.

Mutia Nugraheni
| 16 Januari 2021 10:34

Atasi Munculnya Banyak Jerawat Setelah Melahirkan

Dream - Kondisi tubuh ibu berubah drastis pasca persalinan. Stretch mark di sekitar tubuh, lemak, hingga rambut rontok merupakan masalah kerap dialami ibu saat hamil hingga setelah melahirkan. Ada satu lagi yang kerap menyebalkan yaitu, jerawat.

Pertumbuhan jerawat yang sebelumnya tak ada, kini malah lebih banyak. Bukan hanya memenuhi wajah, tapi juga area payudara dan punggung. Apakah ibu mengalaminya? Tak perlu kaget, karena pertumbuhan jerawat setelah melahirkan ini dipicu oleh fluktuasi hormon.

"Itu sebabnya jerawat sering mulai keluar saat pubertas, sekitar saat siklus menstruasi, selama kehamilan dan segera setelah kehamilan. Itu semua karena hormon," kata Casey Gallagher, seorang dokter spesialis kulit.

Sama seperti tubuh Anda yang berubah selama kehamilan dan seterusnya, kulit juga berubah. Jerawat yang ada dapat hilang selama kehamilan, atau mungkin juga tidak. Melahirkan bisa membuat jerawat yang ada lebih baik, atau memperburuk jerawat. Hal ini sangat normal.

"Setiap orang memiliki kondisi tubuh pasca melahirkan yang berbeda, sehingga kulit Anda mungkin tidak akan sama seperti teman atau saudara perempuan," kata Gallagher.

 

Selanjutnya :

Bisa Ringan atau Parah

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa

Jangan Lewatkan