Cara Aman Cepat Hamil Setelah Lepas KB

Sulit hamil lagi kerap terjadi pada wanita yang menggunakan KB hormonal untuk jangka waktu yang lama.

Mutia Nugraheni
| 9 Juni 2021 10:07

Dream - Menjaga jarak kehamilan dilakukan banyak pasangan untuk perencanaan keluarga yang lebih baik dengan menggunakan alat kontrasepsi atau KB (Keluarga Berencana). Setelah siap untuk kehadiran anak kedua, ketiga atau selanjutnya, KB pun dilepas.

Salah satu yang banyak dikeluhkan setelah lagi tak menggunakan KB atau kontrasepsi adalah kehamilan tak langsung terjadi. Hal ini kerap terjadi pada wanita yang menggunakan KB hormonal untuk jangka waktu yang lama.

Dikutip dari KlikDokter, menurut dr. Dyah Novita Anggraini, hormon reproduksi yang ada di dalam tubuh wanita memang tidak akan langsung stabil begitu orang tersebut melepas KB.

Dengan kata lain, wanita yang hendak hamil setelah lepas KB mesti menunggu selama beberapa waktu. Untuk mempercepat kehamilan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Apa saja?

1. Berikan Waktu bagi Tubuh untuk Beradaptasi

Semua butuh proses untuk kembali seperti sedia kala. Hal ini juga berlaku untuk kondisi hormonal di dalam tubuh wanita yang baru saja lepas KB.

“ Setelah lepas dari KB, siklus haid wanita biasanya tidak akan langsung teratur dan membutuhkan waktu untuk bisa kembali normal. Oleh karena itu, bersabarlah dan berikan waktu bagi tubuh untuk beradaptasi,” kata dr. Dyah Novita.

 

Selanjutnya :

2. Atur Pola Makan Sehat

Live Streaming Virtual Daihatsu Festival

Jangan Lewatkan