Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Aman Cegah Kehamilan Alami Tanpa Alat Kontrasepsi

Cara Aman Cegah Kehamilan Alami Tanpa Alat Kontrasepsi Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream – Kehamilan idealnya direncanakan dengan sangat matang. Tentunya banyak hal yang harus dipertimbangkan jika ingin menambah anak, terutama dalam situasi pandemi seperti sekarang.

Bagi pasangan yang sedang ingin menunda untuk menambah momongan, mungkin langsung berpikir untuk menggunakan alat kontrasepsi. Seperti kondom, pil KB, IUD, patch atau alat lainnya.

Sebenarnya penundaan kehamilan bisa dilakukan dengan cara alami, namun dibutuhkan konsistensi dan disiplin saat melakukan. Bila ingin mencoba cara alami, berikut hal yang bisa dilakukan dikutip dari Sehatq.

Tidak berhubungan seks di masa subur
Harus tahu kapan masa subur (ovulasi) datang, jadi pada saat masanya datang jangan berhubungan seks dahulu, di masa subur kemungkinan hamil lebih besar. Cobalah dengan mencatat kapan datang masa subur perbulannya untuk bisa memperkirakan kapan masa subur datang.

Mengetahui ovulasi bisa juga dengan mengukur suhu basal setiap bangun tidur, suhu basal adalah suhu ketika tubuh beradaa pada keadaan istirahat sepenuhnya. Jika suhu basal tubuh mengalami peningkatan masa masa subur sedang berlangsung. Cara lain dengan memeriksa keluarnya lendir serviks, lendir bening dan licin seperti putih telur pada masa subur.

 

Coba Juga 3 Cara Ini

Tidak melakukan penetrasi
Menghindari penetrasi (memasukan penis ke vagina) untuk sementara saat berhubungan seks sebagai cara mencegah kehamilan. Jika mau melakukan aktivitas seksual bisa dengan oral seks atau saling bergesekan (petting).

Petting tanpa pakaian, bila terjadi ejakulasi di dekat vagina memungkina sperma secara tidak sengaja masuk dan melakukan pembuahan. Jadi harus tetap berhati-hati.

Cabut penis sebelum ejakulasi
Dengan cara ini dapat mencegah sperma masuk untuk membuahi sel telur sehingga mencegah kehamilan. Harus mengetahui waktu yang tepat saat menarik penis sebab bisa saja cairan praejakulasi yang dikeluarkan penis saat terangsang mengandung sperma sehingga saat dilepaskan ke dalam vagina terjadi pembuahan.

Menyusui
Jika ibu yang baru melahirkan, coba berikan bayi ASI ekslusif selama 6 bulan pertama. Selain menunjang tumbuh kembang bayi, ini juga bisa menghambat ovulasi sehingga mencegah kehamilan dalam jangka dekat, pastikan menyusui melalui kedua payudara secara bergantian.

Laporan Josephine Widya

Catat, Alat Kontrasepsi Paling Mudah Didapat Saat Pandemi

Dream - Kondisi pandemi Covid-19 membuat banyak pasangan akhirnya menunda kehamilan. Keamanan, kesehatan, kestabilan ekonomi serta pertimbangan finansial jadi pertimbangan yang tak bisa diabaikan dalam hal merencanakan kehamilan.

Akses untuk mendapatkan alat kontrasepsi dalam situasi sekarang memang sangat terhambat. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memperkirakan ada sekitar 420 ribu kehamilan tak direncanakan karena pandemi.

Tak dipungkiri, kehamilan di masa pandemi memiliki berbagai macam tantangan, terutama dalam akses kesehatan karena layanan medis saat ini lebih banyak diprioritaskan untuk pelayanan Covid-19. Terkait hal ini, para suami punya andil besar dalam upaya pencegahan terhadap ledakan kehamilan tidak direncanakan.

 

Kondom

Menurut Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI), kesadaran laki-laki untuk menggunakan kontrasepsi masih sangat kurang, terbukti dengan hanya 2,5% laki-laki yang menggunakan kondom dan 0,2% laki-laki yang melakukan vasektomi untuk program perencanaan keluarga mereka.

"Kondom sebagai sebuah alat kontrasepsi masih menjadi salah satu hambatan terhadap peningkatan penggunaan kondom di Indonesia. Padahal penggunaan kondom
diperlukan sebagai alat triple protections: pencegahan terhadap infeksi menular seksual, pencegahan terhadap kehamilan tak direncanakan dan pencegahan terhadap Covid-19," kata Dr Adi Sasongko, pakar HIV Indonesia, dikutip dari rilis DKT Indonesia yang diterima Dream, 18 Juni 2020.

 

Mudah didapat

DKT Indonesia, produsen kondom Sutra, Fiesta dan Supreme, mengungkap fakta bahwa kondom adalah alat kontrasepsi yang non hormonal, sangat efektif dan efisien, paling
mudah didapat dengan harga terjangkau daripada alat kontrasepsi lainnya. Dibandingkan kontrasepsi pil/ suntik, atau IUD yang digunakan wanita, pemakaiannya harus konsultasi dengan dokter atau bidan.

Terkait kualitas bercinta, kondom hanya memiliki ketebalan antara 0.05 hingga 0.03 milimeter, sehingga tidak akan mempengaruhi kualitas bercinta pasangan. Selain itu, ini boleh dibilang paling minim risiko, dan tidak memiliki efek hormonal. Untuk mendapatkannya bisa dibeli langsung di minimarket, apotek atau secara online.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ini Tips Buat Kamu yang Ingin Terapkan Gaya Hidup Minimalis di 2024

Ini Tips Buat Kamu yang Ingin Terapkan Gaya Hidup Minimalis di 2024

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika ingin mencoba hidup minimalis dan sederhana.

Baca Selengkapnya
Cara Supaya Cepat Haid Secara Alami, Konsumsi 6 Jenis Makanan Ini!

Cara Supaya Cepat Haid Secara Alami, Konsumsi 6 Jenis Makanan Ini!

Siklus menstruasi yang teratur penting untuk kesehatan perempuan.

Baca Selengkapnya
5 Rekomendasi Ahli Gizi Biar Tubuh Gak Gampang Lelah

5 Rekomendasi Ahli Gizi Biar Tubuh Gak Gampang Lelah

Menjalani pola hidup lebih sehat kerap jadi tujuan seseorang di tahun baru, namun memulainya juga butuh program. Ikuti 5 tips dari ahli gizi untuk memulainya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tips Mengatasi Perut Kembung Saat Menstruasi, Biar Nggak Mengganggu Aktivitas Sehari-hari

Tips Mengatasi Perut Kembung Saat Menstruasi, Biar Nggak Mengganggu Aktivitas Sehari-hari

Perubahan hormon ternyata bisa mempengaruhi pergerakan usus yang menyebabkan perut kembung.

Baca Selengkapnya