Cara Akurat Mengukur Suhu Tubuh Buah Hati

Bisa jadi catatan orangtua untuk berkonsultasi dengan dokter.

Mutia Nugraheni
| 5 Mei 2019 11:11

Dream - Peningkatan suhu tubuh pada anak merupakan hal normal. Ada kalanya suhu tubuh si kecil sangat tinggi. Saat dipegang, dahinyaterasa panas. Kondisi ini bisa jadi pertanda kalau imunitas tubuhnya sedang 'berjuang' melawan infeksi.

Infeksi bisa terjadi karena banyak hal, seperti virus, bakteri atau peradangan. Segera ambil termometer dan periksa suhu tubuhnya. Sudah tahu cara mengukur suhu tubuh dengan tepat?

Mengetahui cara mengukur suhu anak secara akurat, adalah penting. Ini bisa jadi catatan orangtua untuk berkonsultasi dengan dokter. Catatan tersebut bisa dijadikan pertimbangan penting bagi dokter untuk menegakkan diagnosis.

Dikutip dari Moms, ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk memeriksa suhu anak yaitu melalui dubur, oral, atau aksila (di bawah ketiak).

Ada juga dua jenis termometer yang direkomendasikan oleh kebanyakan profesional kesehatan: termometer arteri temporal (yang dipindai di dahi) dan termometer telinga elektronik (timpani).

Termometer arteri mengukur gelombang panas di sisi dahi sementara termometer timpani mengukur gelombang panas dari gendang telinga. Ada beberapa langkah mudah yang penting diikuti saat mengukur suhu anak.

Pertama, disarankan untuk menunggu setidaknya 20 hingga 30 menit setelah seorang anak selesai makan atau minum sebelum mengukur suhu tubuhnya. Setelah makan dan minum, biasanya suhu tubuh akan naik dan hasilnya tidak akurat.

Kedua, tempatkan ujung termometer di bawah lidah. Instruksikan anak untuk menutup bibirnya. Jika menggunakan termometer aksila lipat lengan si kecil di atas dada, dan letakkan termometer di bawah ketiak. Apabila menggunakan termometer arteri temporal, cukup tempatkan termometer di dahi.

Bisa memberikan obat penurun panas jika anak rewel, tidak nyaman, atau sulit tidur. Pantau terus jika suhunya mencapai 38 derajat celcius. Apabila tak kunjung mereda selama 3 hari segera ke dokter.

Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa

Jangan Lewatkan