Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bukan Pakai Cotton Bud, Ini Cara Tepat Bersihkan Telinga Si Kecil

Bukan Pakai Cotton Bud, Ini Cara Tepat Bersihkan Telinga Si Kecil Kebersihan Telinga

Dream - Kotoran terlihat di dalam telinga anak? Jangan langsung mengambil cotton bud lalu mengoreknya. Hal ini malah bisa berbahaya bagi kesehatan telinganya. Penting diketahui klau kotoran atau serumen di telinga anak merupakan hal normal.

Serumen sendiri, dikutip dari KlikDokter berfungsi untuk melindungi kesehatan telinga. Ini karena serumen dapat mencegah kotoran, debu atau partikel-partikel dari luar untuk masuk ke dalam liang telinga dan mengancam fungsi pendengaran.

Selain itu, serumen juga dapat mencegah serangga-serangga kecil untuk merangkak masuk ke dalam telinga. Umumnya, serumen akan mengering lalu bergerak keluar dari telinga dengan bantuan silia atau rambut halus di telinga.

Sebenarnya tanpa melakukan tindakan khusus, kotoran telinga dapat keluar dengan sendirinya. Meski demikian, merawat kebersihan telinga anak tetap harus dilakukan. Bagaimana caranya? Yuk simak

 

1. Gunakan kain yang sudah dibasahi

Anak yang mengalami penumpukan serumen berlebih biasanya akan mengalami nyeri pada telinga, sering menarik telinga, atau berusaha memasukkan jari ke liang telinga. 
Untuk mengatasi bisa menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi untuk menyeka dan membersihkan telinga anak.

Ingat, lakukan di bagian luar saja. Bersihkan dengan lembut. Pastikan juga jari dalam keadaan bersih saat membersihkan telinga anak dan kuku tidak panjang.

 

2. Manfaatkan Baby Oil atau Minyak Zaitun

Saat membersihkan telinga bagian luar si Kecil, bisa menggunakan baby oil atau minyak zaitun. Bila tak memiliki tetes telinga pelunak kotoran telinga, bisa memanfaatkan baby oil atau minyak zaitun. Teteskan 1-2 tetes di liang telinga untuk membantu melunakkan serumen.

Baby oil dan minyak zaitun relatif aman digunakan, namun tetap harus berhati-hati mengingat ada orang yang alergi terhadap minyak ini. Dibandingkan dengan pelunak serumen, cara membersihkan telinga anak dengan baby oil atau minyak zaitun memang membutuhkan waktu yang lama untuk melunakkan serumen.

 

3. Hindari Penggunaan Alat

Penggunaan cotton bud, pinset telinga, ear candle atau benda lain yang dimasukkan ke dalam liang telinga tidak dianjurkan secara medis. Alih-alih membersihkan telinga, penggunaan benda-benda tersebut malah dapat mendorong masuk kotoran telinga dan menyebabkan terjadinya sumbatan di telinga.

Penggunaan alat-alat tersebut juga berpotensi melukai telinga atau bahkan gendang telinga. Lebih baik, bawa anak ke dokter THT untuk membersihkan serumen yang menumpuk.

Oleh dokter THT nantinya, telinga anak dapat dibersihkan dengan optimal menggunakan sendok serumen, forsep, dan alat pengisap khusus. Tindakan ini sepenuhnya aman, terutama bila dilakukan oleh dokter spesialis THT.

Selengkapnya baca di sini

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Pakai Cotton Bud Bisa Bahaya, Begini Cara Terbaik Membersihkan Telinga
Pakai Cotton Bud Bisa Bahaya, Begini Cara Terbaik Membersihkan Telinga

Bukannya membersihkan, cotton bud justru bisa merusak telinga. Ganti kebiasaan tersebut dengan mengikuti tips dari ahli.

Baca Selengkapnya
Deretan Beauty Hack dengan Cotton Bud, Wajib Ada di Pouch Makeup
Deretan Beauty Hack dengan Cotton Bud, Wajib Ada di Pouch Makeup

Cotton bud ternyata memiliki banyak manfaat lainnya loh. Yuk intip beberapa hacks cotton bud.

Baca Selengkapnya
Ini 9 Tips Alami dan Efektif untuk Menumbuhkan Kembali Rambut yang Rontok
Ini 9 Tips Alami dan Efektif untuk Menumbuhkan Kembali Rambut yang Rontok

Rambut rontok adalah masalah yang sangat umum wanita maupun pria. Yuk, simak cara alami dan cepat untuk menumbuhkan kembali rambut yang rontok!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut dengan Efektif Menggunakan Satu Bahan Alami
Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut dengan Efektif Menggunakan Satu Bahan Alami

Terdapat solusi yang simpel untuk menghilangkan kutu rambut tanpa perlu bahan kimia keras atau produk dengan harga tinggi.

Baca Selengkapnya
Trik  Pertahankan Warna Rambut yang Dicat, Shining dan Awet Maksimal
Trik Pertahankan Warna Rambut yang Dicat, Shining dan Awet Maksimal

Rambut yang dicat dengan warna lebih terang daripada aslinya membutuhkan perawatan khusus. Cari tahu perawatan rambut berwarna agar warnanya tidak memudar.

Baca Selengkapnya
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kendur. Yuk, simak cara mengencangkan kulit secara alami menggunakan 3 bahan rahasia ini!

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Outfit Ke Konser Ala IU
DRESS IT! Outfit Ke Konser Ala IU

Sahabat Dream, referensi kali cocok banget nih buat kalian yang suka nonton konser. Kali ini bisa jadi referensi buat nonton Coldplay.

Baca Selengkapnya