Buang Air Kecil Setelah Hubungan Intim Bisa Cegah Kehamilan?

Jangan salah kaprah, ketahui faktanya.

Mutia Nugraheni
| 2 Februari 2021 14:02

Dream – Bagi perempuan, buah air kecil segera setelah berhubungan intim sangat dianjurkan. Ada yang beranggapan kalau hal ini bisa mencegah kehamilan yang tak diinginkan. Benarkah?

Dikutip dari Sehatq, hal tersebut adalah tidak benar. Buang air kecil sehabis berhubungan intim sesegera mungkin tidak akan mampu mengeluarkan sel sperma yang sudah masuk.

Saat pria mengeluarkan sperma ketika berhubungan intim, sperma tersebut akan masuk ke dalam saluran vagina. Semetara, urine atau air kencing keluar melalui uretra, yang jelas berbeda dengan saluran vagina. Uretra adalah lubang kecil yang terletak di atas vagina.

Lalu mengapa para dokter menganjurkan perempuan untuk segera buang air kecil setelah berhubungan initim? Bukan untuk mencegah kehamilan, tapi mengurangi risiko penyakit infeksi saluran kemih (ISK).

Menurut sebuah studi, perempuan 30 kali lipat lebih berisiko mengalami infeksi saluran kemih dibandingkan pria. Perlu diketahui, buang air kecil setelah berhubungan dapat menghilangkan bakteri dari uretra.

 

Selanjutnya :

Gunakan Kontrasepsi

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan