Buah Hati Selalu Tampak Lelah? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Cobalah lebih memperhatikan pola tidur, asupan harian serta kesehatan fisiknya.

Mutia Nugraheni
| 23 Oktober 2018 16:13

Dream - Kondisi fisik tiap anak berbeda-beda. Ada yang sangat aktif tapi ada juga yang cenderung terlihat lemas. Pada beberapa kasus, ada anak yang selalu merasa kelelahan.

Wajahnya pucat, tak semangat saat bermain dan mudah sekali sakit. Kondisi tersebut bisa disebabkan banyak hal. Cobalah lebih memperhatikan pola tidur, asupan harian serta kesehatan fisiknya. Bisa jadi tiga hal berikut membuat anak selalu merasa kelelahan.

1. Obstructive Sleep Apnoea (OSA)
Kondisi ini bisa terjadi ketika aliran udara di sistem pernapasan anak tersumbat saat tidur. OSA menyebabkan anak henti napas beberapa kali saat tidur dan membuat asupan oksigen terhambat. Padahal oksigen sangat dibutuhkan untuk pertumbuhannya.

OSA biasanya terjadi pada anak yang mengalami obesitas. Lapisan lemak di leher dan tenggorokan mempersempit aliran udara yang masuk. Bisa juga terjadi pada anak yang mengalami pembengkakan amandel.

" Perhatikan jika anak mendengkur, atau terdengar seperti tersedak. Hal ini akan membuatnya kerap terbangun dan ia akan merasa sangat kelelahan di pagi hari," ujar Kenny Pang, seorang dokter spesialis anak, seperti dikutip dari The Finder.

2. Terlalu banyak paparan cahaya buatan
Perhatikan aktivitas anak sebelum tidur. Jangan sampai ia terlalu banyak menonton televisi atau bermain dengan gadget. Cahaya dari gadget akan penundaan ritme circadian tubuh.

Ritme tersebut semacam jam internal dalam tubuh yang akan menyuruh otak untuk mengantuk dan membutuhkan istirahat. Untuk itu, pastikan si kecil tak bermain gadget menjelang jam tidur.

3. Kurang protein
Asupan makanan dan minumannya harus selalu diperhatikan. Beberapa anak ada yang sangat malas makan dan lebih memilih minum susu. Padahal susu tak bisa memenuhi kebutuhan protein hariannya.

Siapkan menu yang bukan hanya kaya akan sayuran, tapi juga protein dan karbohidrat yang sangat dibutuhkan bagi vitalita tubuh anak dan perkembangannya. Kurangi memberi camilan manis dan gurih. Perbaiki menu, jangan sampai anak memiliki masalah gizi.

[crosslink_2]

 

4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian

Jangan Lewatkan