Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Buah Hati Kerap Tidur Sambil Jalan, Ketahui Pemicunya

Buah Hati Kerap Tidur Sambil Jalan, Ketahui Pemicunya Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Gangguan tidur sering dialami anak, terutama pada usia di bawah lima tahun (balita). Mulai dari gelisah, menangis, mimpi buruk dan yang paling membuat orangtua panik adalah anak tidur sambil berjalan.

Jangan panik dulu ayah bunda. Ketahui dulu penyebab anak kerap berjalan padahal matanya terpejam di tengah malam. Dikutip dari stanfordchildrens.org, anak bisa tidur sambil berjalan karena waktu tidur ia mengalami apa yang dinamakan night terror.

Night terror berbeda sama mimpi buruk. Saat mengalami night terror biasanya anak dalam keadaan tertidur dan tidak sadar bakal berperilaku agresif seperti berteriak, menendang, panik, tidur berjalan atau pun meronta-ronta.

 

Sering Dialami Anak Lelaki

Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya menonton film horror sebelum tidur, stres, atau mengalami kejadian buruk yang terbawa sampai alam bawah sadarnya.

Penelitian menemukan, hal ini lebih sering dialami anak laki-laki berumur empat sampai delapan tahun. Bisa jadi karena anak mengalami masalah psikologis.

Secara umum, kondisi ini tidak berbahaya tapi bisa jadi indikasi adanya masalah yang dialami anak. Tak ada salahnya orangtua segera berkonsultasi ke dokter, agar menemukan diagnosis yang tepat dan perawatan untuk mengurangi kemungkinan munculnya hal ini terjadi.

Penjelasan selengkapnya baca Diadona.id

Buah Hati Nyaman Tidur Sendiri, Coba Lakukan Ini

Dream - Membiasakan anak untuk tidur sendiri bukan hal mudah. Terutama bagi anak yang sejak bayi selalu tidur dengan orangtuanya. Untuk membuat si kecil terbiasa tidur sendiri sebenarnya harus dimulai sejak dini.

Sesekali, biarkan anak tidur sendiri dan hal ini bisa dimulai di usia 6 bulan. Tentunya keamanan dan kenyamanan bayi adalah yang utama saat ingin melatih tidur sendiri. Coba lakukan langkah-langkah berikut untuk melatih buah hati.

Pilih Tempat Nyaman
Berikan bayi tempat yang aman dan nyaman untuk tidur. Bisa jadi buaian, tempat tidur, atau di kamar yang berbeda. Tapi, di mana pun tempat yang dipilih, pastikan bayi nyaman untuk tidur. Ayah atau ibu dapat mencoba berbagai ruangan yang tepat hingga bisa digunakan untuk menidurkan bayi.

 

Tetapkan Isyarat

Pilih waktu yang ditetapkan untuk membuat bayi tertidur setiap hari. Dengan melakukan ini, orangtua benar-benar bisa mengajari bayi bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk tidur dan mereka akan mengikuti petunjuk setelah beberapa hari.

Bersamaan dengan itu, dapat juga memberikan isyarat lain seperti lagu pengantar tidur atau hal lain sambil membuat si kecil tidur seperti menepuk pelan sehingga anak engerti bahwa sudah waktunya untuk tidur.

 

Jadikan Rutinitas

Orangtua juga dapat melakukan rutinitas sebelum tidur yang pendek dan sederhana untuk bayi setiap hari. Seperti mandi air hangat diikuti dengan penggantian popok, kemudian pijatan kecil, dan akhirnya tidur.

Begitu jam biologis bayi berkenalan dengan rangkaian rutin ini, mereka kemungkinan besar akan tertidur sendiri di akhir rutinitas.

Pakaian yang Nyaman
Pakaian ketat dan banyak aksen bisa menjadi penghalang yang besar untuk anak bisa terlelap. Disarankan memberikan pakaian yang disukai bayi yaitu yang terasa lembut saat disentuh.

Laporan Meita Fajriana/ Sumber: Fimela

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Susah Tidur Malam Walau Lelah, Ini Sebabnya
Susah Tidur Malam Walau Lelah, Ini Sebabnya

Tubuh yang lelah tidak menjamin kamu lebih mudah tertidur di malam hari. Kondisi mental ternyata bisa jadi penyebab kamu sulit tidur meski sudah lelah.

Baca Selengkapnya
4 Alasan yang Sering Bikin Sulit Tidur Padahal Tubuh Sangat Lelah
4 Alasan yang Sering Bikin Sulit Tidur Padahal Tubuh Sangat Lelah

Kondisi ini tentunya sangat menyiksa, bukan hanya fisik tapi juga mental.

Baca Selengkapnya
Sering Terlelap Sampai Durasi Tidur Berlebih Akhir-Akhir Ini? Mungkin Ini Penyebabnya
Sering Terlelap Sampai Durasi Tidur Berlebih Akhir-Akhir Ini? Mungkin Ini Penyebabnya

Ternyata, tidur berlebihan dapat berhubungan dengan masalah kesehatan, baik fisik maupun mental. Berikut adalah beberapa penyebab tidur berlebih.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
90 Kata-Kata Lelah Hati dan Pikiran, Ungkapan Emosi untuk Menguatkan Diri Hadapi Masalah Hidup
90 Kata-Kata Lelah Hati dan Pikiran, Ungkapan Emosi untuk Menguatkan Diri Hadapi Masalah Hidup

Kata-kata lelah hati dan pikiran berikut ini mungkin bisa menggambarkan perasaan lelah, kecewa, dan frustrasi yang dirasakan seseorang.

Baca Selengkapnya
Kebiasaan Tidur Tengkurap Bahaya untuk Kesehatan Tubuh
Kebiasaan Tidur Tengkurap Bahaya untuk Kesehatan Tubuh

Ada saja yang lebih menyukai tidur dengan posisi tengkurap. Namun, apakah itu baik untuk tubuh?

Baca Selengkapnya
Bahaya Sering Tidur dalam Keadaan Rambut Basah, Jangan Dilakukan Ya!
Bahaya Sering Tidur dalam Keadaan Rambut Basah, Jangan Dilakukan Ya!

Bukan hanya bisa merusak mahkotamu tapi juga kesehatan secara keseluruhan.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Menu Telur Favorit
BUNGKUS! Menu Telur Favorit

Hidangan berbahan telur bisa disajikan dalam aneka masakan. Nah, kira-kira kalian suka menu telor yang bagamana? Komentar di bawah yuk

Baca Selengkapnya