Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Buah Hati Belajar Puasa? Pastikan Nutrisinya Terpenuhi

Buah Hati Belajar Puasa? Pastikan Nutrisinya Terpenuhi Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Anak-anak yang belum baligh memang belum diwajibkan berpuasa, meski demikian ada yang penuh semangat untuk belajar puasa. Terutama jika melihat orangtua dan kakak-kakaknya yang bangun sahur dan berpuasa.

Pada anak yang berusia di bawah 10 tahun mungkin masih belajar puasa. Biasanya ikut sahur lalu berbuka saat Zuhur, kemudian berpuasa lagi hingga Maghrib. Jika si kecil belajar berpuasa, pastikan nutrisinya terpenuhi.

Seperti kita tahu, anak-anak masih dalam tahap pertumbuhan pesat yang membutuhkan asupan nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Kekurangan nutrisi selama masa pertumbuhannya dapat berdampak buruk. Pastikan hal berikut jika si kecil belajar puasa.

1. Lakukan perlahan
Anak-anak akan sangat sulit untuk langsung berpuasa penuh hingga Maghrib. Lakukan secara bertahap agar tubuh mereka dapat terbiasa berjam-jam tanpa makanan dan minuman.

Jika anak berusia di bawah sepuluh tahun, cobalah puasa dari waktu Sahur hingga Zuhur. Setelah itu tak masalah jika anak ingin minum atau makan. Lalu lanjutkan hingga Maghrib. Bisa juga mulai puasa selama 3 jam atau 4 jam.

2. Menu sahur bergizi
Makanan kaya protein, serat dan vitamin sangat dibutuhkan anak saat sahur. Makanan harus mencakup kombinasi nutrisi seperti sayur, daging, telur, keju, buah-buahan segar, yoghurt, dan susu. Buatlah menu yang disukai anak.

 

Terhidrasi dan Kurangi Makanan Asin

3. Penuhi kebutuhan cairan anak
Pastikan anak mendapat asupan cairan yang cukup. Saat sahur dan berbuka berikan banyak minum, bukan hanya air putih, bisa juga jus smoothies, susu atau buah-buahan kaya air. Seperti semangka dan melon. Hidrasi sangat penting selama masa puasa bagi anak-anak.

4. Kurangi makanan asin dan gorengan
Jenis makanan tertentu dapat membuat anak lebih haus dari biasanya dan menguras energinya. Selain itu, perubahan kebiasaan makan yang tiba-tiba pasti akan mengganggu sistem pencernaannya. Pastikan anak menghindari makanan asin, goreng, atau berlemak yang dapat meningkatkan rasa hausnya. Demikian pula, makan berlebihan saat berbuka puasa bukanlah ide yang baik, karena akan terlalu berat untuk ditangani perutnya sekaligus.

Si Kecil Mulai Berpuasa dan Belum Baligh, Bagaimana Hukumnya?

Dream - Puasa Ramadhan merupakan ibadah yang sangat istimewa. Puasa yang dijalankan umat muslim merupakan bentuk ketaatan kita kepada Allah SWT. Menjalankannya memang bukan hal mudah.

Bukan hanya menahan lapar dan dahaga, tapi juga emosi dan perilaku negatif. Puasa diwajibkan bagi mereka yang sudah baligh. Dikutip dari NU Online, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi orang yang berpuasa. Bila tidak memenuhi persyaratan tersebut, kewajiban puasa tidak berlaku baginya dan tidak berdosa meninggalkannya. Abdul Wahab As-Sya’rani dalam Mizanul Kubra mengatakan:

Mizanul Kubra

Artinya: “Ulama empat madzhab menyepakati kewajiban puasa bagi muslim baligh, berakal, suci, mukim, dan mampu berpuasa.”

Berdasarkan penjelasan tersebut, orang yang tidak termasuk dalam kategori ini tidak diwajibkan puasa. Termasuk anak kecil yang belum baligh. Kendati anak kecil tidak diwajibkan puasa, para ulama tetap menganjurkan mereka untuk puasa. Abdul Wahab As-Sya’rani menjelaskan:

Abdul Wahab As-Syarani

Artinya, “Ulama sepakat anak kecil yang tidak mampu puasa dan orang gila permanen tidak diwajibkan puasa. Tapi anak kecil diminta puasa bila berumur tujuh tahun dan dipukul bila tidak mau puasa ketika umur sepuluh tahun.”

 

Seperti Anjuran Salat

Anjuran memerintahkan anak kecil puasa ini disamakan dengan anjuran salat. Hal ini sebagaimana dikatakan Rasulullah SAW:

Anjuran Rasul anak berpuasa

Artinya: “Perintahkan anak-anak kalian untuk melakukan shalat saat usia mereka tujuh tahun, dan pukullah mereka saat usia sepuluh tahun. Dan pisahkan tempat tidur mereka.”

Sebenarnya anak kecil yang belum baligh tidak diwajibkan puasa tetapi tetap dianjurkan puasa semampunya sebagai latihan. Terutama jika anak sudah berumur sepuluh tahun. Selengkapnya baca di sini.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Rekomendasi MPASI Pertama yang Bisa Dicoba untuk Anak, Enak dan Tinggi Nutrisi

Rekomendasi MPASI Pertama yang Bisa Dicoba untuk Anak, Enak dan Tinggi Nutrisi

Ingin memberikan MPASI pertama buat si kecil? Ini rekomendasinya yang bisa dipertimbangkan.

Baca Selengkapnya
15 Buah Terbaik untuk Kesehatan dan Porsi Terbaik Mengkonsumsinya

15 Buah Terbaik untuk Kesehatan dan Porsi Terbaik Mengkonsumsinya

Beberapa buah terkenal karena kandungan vitamin, serat, mineral dan senyawa pelindungnya yang jauh lebih tinggi. Yuk, simak 15 buah yang paling menyehatkan!

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Simak dan ikuti cara memilih susu untuk menaikkan berat badan anak, agar gizi anak tetap seimbang dan terpenuhi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ternyata Ada Batas Maksimal Asupan Susu untuk Anak Usia 1 Tahun ke Atas

Ternyata Ada Batas Maksimal Asupan Susu untuk Anak Usia 1 Tahun ke Atas

Jangan sampai berlebihan karena efeknya malah bisa bikin berat badan anak tak kunjung bertambah.

Baca Selengkapnya
Perhatian Kaum Pria, Rutin Konsumsi 5 Asupan Ini Biar Awet Muda

Perhatian Kaum Pria, Rutin Konsumsi 5 Asupan Ini Biar Awet Muda

Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini? Cobalah untuk mengonsumsi beberapa makanan yang dapat mencegah penuaan seperti berikut!

Baca Selengkapnya