Bidan Ungkap Rahasia Sukses Menyusui di Bulan Pertama

Menyusui seringkali jadi momen penuh perjuangan bagi bagi ibu maupun bayi.

Mutia Nugraheni
| 10 November 2017 18:11

Dream - Menyusui memang merupakan proses alamiah yang mengandalkan naluri ibu dan ibu agar bisa berhasil. Namun dalam kenyataannya, menyusui seringkali jadi momen penuh perjuangan.

Rasa nyeri tak tertahankan, ASI tak keluar, bayi sangat rewel, membuat aktivitas menyusui tak semudah yang dibayangkan sebelumnya. Liz Wilkes, seorang bidan dan konselor laktasi, mengungkap apa yang penting dilakukan agar proses awal menyusui berjalan sukses. Terutama di satu bulan pertama.

Percaya naluri
Dalam hal menyusui, naluri seorang ibu jadi pemandu utama. Jangan kesampingkan panggilan naluri dan mendengarkan orang lain yang memberi tahu berbagai trik soal menyusui. Apa pun posisi dan cara Anda menyusui, yang terpenting adalah si kecil mendapat nutrisi maksimal.

" Bangkitkan naluri menyusui yang akan muncul bahkan jauh sebelum persalinan terjadi. Kondisikan pikiran dengan baik, percaya diri kalau Anda bisa menyusui, produksi ASI cukup dan si kecil akan tumbuh sehat. Kesuksesan menyusui berawal dari naluri dan pikiran yang positif," ungkap Wilkes.

Cari bantuan
Bagi Anda yang melahirkan di RS khusus ibu dan anak, para dokter, suster dan bidan dibekali pengetahuan soal ilmu laktasi. Jangan segan untuk bertanya sedetail mungkin pada mereka. Biasanya ada yang memang bertugas secara khusus sebagai konselor laktasi.

Sakit saat menyusui, ASI tak keluar atau masalah lain yang bikin Anda frustasi, konsultasikanlah dengan mereka. Dengan mendapat informasi akurat dari para ahli, Anda pun akan merasa lebih tenang, percaya diri saat menyusui dan terus memperbarui ilmu seputar menyusui bayi.

Sudut nyaman menyusui
Awal-awal menyusui, ibu dan bayi akan terus mencari posisi terbaik dan paling nyaman untuk keduanya. Lama kelamaan setelah mendapatkan posisi tersebut, biasanya ibu membutuhkan suasana yang mendukung.

Cobalah membuat sudut khusus untuk menyusui di rumah. Sofa nyaman, penerangan cukup, botol minum dan cemilan serta bantal. Dengan sudut seperti ini membantu ibu lebih rileks dan akan memicu produksi ASI lebih banyak.

Sumber: KidSpot

 

Setahun Mutia Ayu Hidup Tanpa Glenn Fredly

Jangan Lewatkan