Bidan Profesional Ungkap 6 Tipe Ibu Saat Hadapi Persalinan

Penasaran ibu tipe seperti apakah Anda saat hadapi persalinan?

Mutia Nugraheni
| 14 Agustus 2018 19:48

Dream - Nyeri kontraksi berjam-jam, sementara bukaan tak kunjung meningkat. Rasa khawatir dan stres tak bisa dipungkiri. Suasana ini kerap dialami para ibu yang sedang menjalani proses persalinan.

Pendampingan dari bidan, dokter dan perawat tentunya sangat dibutuhkan. Bukan hanya untuk memberikan petunjuk medis tapi juga menjaga kestabilan psikologis ibu.

Pasalnya tiap ibu memiliki kecenderungan yang berbeda dalam menghadapi proses persalinan yang memang cukup 'menegangkan'.

Amelia Lamount seorang bidan profesional asal Australia, mengungkap ada beberapa kecenderungan yang dilakukan ibu dalam proses melahirkan. Ia menyebutnya sebagai tipe ibu yang paling sering dihadapinya selama mendampingi persalinan.

Penasaran ibu tipe seperti apakah Anda saat hadapi persalinan?

1. Penuh ketakutan
" Aku sudah sangat bisa memabca ketakutan saat bertemu dengan ibu tipe ini. Biasanya mereka yang baru pertama kali melahirkan dan sangat membutuhkan panduan dari para bidan," ujar Lamount.

Kehadiran sang suami yang tenang sangat dibutuhkan ibu ini. Tapi biasanya, sang suami malah lebih panik dan membuat keadaan tak menenangkan.

2. Sangat siap
" Ibu tipe ini biasanya sudah membawa catatan kontraksi tiap menit. Ia bahkan membuat birth plan detail dan bukan hanya berkonsultasi dengan bidan tapi juga dokter secara intensif," kata Lamount.

Biasanya ia sudah tahu cara mengatur napas, tak berteriak. Hanya butuh sedikit bimbingan dari bidan dan ketenangan tim medis.

3. Pasrah
Untuk ibu yang satu ini cenderung tak peduli apa akan dilakukan dokter atau bidan, yang penting ia segera memeluk bayinya. Metode persalinan baik normal atau caesar tak terlalu dipikirkannya.

" Ia begitu pasrah dan sangat mempercayakannya semuanya pada tim medis, ini membuat kerja kami lebih cepat," ungkap Lamount.

4. Idealis
" Ia seperti memimpin persalinan dan tidak ada yang bisa menghentikannya. Dia memiliki rencana di kepalanya dan akan melakukan apa pun untuk memenuhi itu," kata Lamount.

5. Ekspresif dan vokal
Ibu tipe ini sangat ekspresif dan sangat vokal menyuarakan apa yang dirasakannya. Emosinya sangat terlihat. Tangisannya semakin menjadi saat bayinya lahir.

" Kadang mereka juga membuat para tim medis yang membantu ikut terharu dan tersentuh dengan kebahagiaan saat bayi lahir," kata Lamount.

Sumber: KidSpot

Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah

Jangan Lewatkan