Berikan Porsi Susu yang Pas, Jangan Sampai Anak Obesitas

Susu memang diperlukan untuk 'menabung' kalsium, namun tidak berlebihan.

Mutia Nugraheni
| 25 Oktober 2018 10:09

Dream - Susu dianggap minuman wajib bagi anak-anak. Padahal ketika usianya sudah lebih dari satu tahun, susu hanya sebagai pelengkap saja. Untuk itu penting memperhatikan asupan makanan harian dan porsi susunya.

Jangan sampai porsi makan harian sudah banyak, sementara porsi susu juga cukup besar. Jika tidak dikontrol bisa meningkatkan risiko obesitas pada anak.

" Ini yang sering salah. Si anak makannya oke, nih. Akan tetapi jumlah susu yang diminum juga enggak berubah, tetap banyak," kata Pakar Tumbuh Kembang Anak, Prof Dr dr Rini Sekartini SpA(K), saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Rini sering menemukan kasus, anak yang sangat suka makan dan juga sangat menyukai susu. Anak tersebut bahkan bisa menenggak satu liter susu setiap harinnya.

" Akhirnya, pada saat pengukuran, ukurannya dia bisa sampai paling atas," kata Rini.

Akibat dari kebiasaan itu, ditambah pula kurangnya aktivitas fisik pada anak, obesitas di usia dini sulit dihindari. Susu memang diperlukan untuk 'menabung' kalsium, namun tidak berlebihan.

" Susu tidak dapat menggantikan makanan yang harus dikonsumsi anak, sesuaikan saja porsinya dengan kebutuhan anak," ujarnya.

Rini juga mengingatkan pentingnya membiasakan anak-anak untuk berolahraga. Hal ini agar mereka terhindar dari obesitas dan terbiasa berolahraga.

Sumber: Aditya Eka Prawira/ Liputan6

Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting

Jangan Lewatkan