Berhitung dengan Jari Bikin Otak Anak Makin Kuat

Kebiasaan tersebut dapat berkontribusi pada pengembangan pola pikir yang lebih lanjut.

Mutia Nugraheni
| 4 Oktober 2018 19:43

Dream - Hampir semua anak belajar berhitung dengan menggunakan jari mereka. Tetapi ketika bertambah umur dan soal matematika di sekolah semakin sulit, maka banyak yang menggunakan alat bantu, seperti sempoa dan kalkulator.

Profesor Jo Boaler dari Stanford University, Amerika Serikat menulis di The Atlantic tentang manfaat neurologis menggunakan jari untuk berhitung. Ia juga mengungkap kebiasaan tersebut dapat berkontribusi pada pengembangan pola pikir yang lebih lanjut.

" Menghentikan siswa menggunakan jari mereka ketika berhitung, sama saja dengan menghentikan perkembangan kemampuan matematika mereka. Jari mungkin salah satu alat bantu visual yang paling berguna, dan area jari di otak kita digunakan dengan baik hingga dewasa," ungkap Boaler, seperti dikutip dari The Atlantic.

Kebutuhan dan pentingnya koordinasi jari dan otak, bisa menjadi alasan bahwa pianis, dan musisi lain, sering menunjukkan pemahaman matematika yang lebih tinggi daripada orang yang tidak mempelajari alat musik.

Boaler mengembangkan penelitian dan kurikulum untuk mendukung cara yang lebih menarik mengajar matematika. Yaitu dengan menerapkan pemikiran visual, berhitung, dan pemikiran yang berkembang.

Programnya diberi nama YouCubed membantu siswa dan guru untuk belajar dan mengajar matematika. Banyak murid yang merasa bingung dengan abstaraksi angka dan rumus dalam matematika.

" Siswa dibuat untuk menghapal rumus dan langsung menyelesaikan soal dengan sedikit representasi visual, sering kali karena arahan kebijakan dan panduan kurikulum yang salah. Padahal para siswa harus memahaminya dulu secara nyata, bukan dengan soal yang abstrak," kata Boaler.

Ia pun menyarankan untuk tetap mengajarkan anak dan para siswa untuk berhitung menggunakan jari sebagai objek menghitung visual. Hal ini akan sangat baik bagi perkembangan otak dan kemampuan berhitungnya.

Sumber: Kqed.org

Rexona Brightest Squad Hunt 2020 - Coaching Class - 24 November 2020

Jangan Lewatkan