Berencana Hamil di Usia 30an? Ini yang Harus Disiapkan

Bukan hanya calon ibu, calon ayah pun harus mempersiapkan diri.

Mutia Nugraheni
| 14 Januari 2021 16:03

Dream - Kehamilan idealnya direncanakan dengan baik dan detail. Terutama pada pasangan yang berusia 30an. Usia tak dipungkiri sangat berpengaruh pada kesuburan. Perlu diingat bahwa peluang untuk hamil secara alami setelah 30 tahun bisa lebih kecil jika dibandingkan dengan usia yang lebih muda karena kesuburan perempuan akan menurun secara bertahap dari waktu ke waktu.

Secara biologis, usia terbaik untuk hamil adalah antara 20-30 tahun. Masalah kesuburan seringkali dapat muncul di usia 30an ke atas karena risiko endometriosis atau fibroid. Ini mungkin berbeda pada setiap perempuan berdasarkan faktor risiko individu.

Lalu apa yang harus disiapkan jika ingin hamil di usia 30an?

" Bukan hanya calon ibu saja yang harus menjaga kesehatan tapi juga calon ayah. Langkah pertama adalah menerapakan pola hidup sehat demi meningkatkan level kesuburan," ujar dr. Deepti Gupta, seorang ahli fertilitas.

Langkah selanjutnya adalah menjaga berat badan dalam angka yang normal. Tidak berlebihan dan tidak kurang. Perempuan yang memiliki indeks massa tubuh (BMI) di bawah 19 dan di atas 30 sangat mungkin menghadapi masalah kesuburan karena haid tidak teratur atau amenore (haid hilang selama lebih dari tiga bulan).

 

Selanjutnya :

Jauhkan Rokok dan Stres

Video Detik-detik Mobil Presiden Jokowi Terjang Banjir di Kalsel

Jangan Lewatkan