Benarkan Berat Badan Naik Saat Berhenti Menyusui?

Mari cari tahu faktanya

Mutia Nugraheni
| 30 Juli 2021 14:07

Dream – Air susu ibu (ASI) jadi nutrisi terbaik bagi bayi hingga usia 2 tahun. Bukan hanya berdampak positif bagi bayi, memberikan ASI juga membantu ibu membakar kalori.

Dilansir dari Mom Junction, menyusui memengaruhi metabolisme tubuh. Ibu yang menyusui secara eksklusif selama enam bulan pertama, membutuhkan tambahan 400-500 kilo kalori per 24 jam untuk produksi ASI. Dengan demikian, ibu menyusui mungkin akan mengalami penurunan berat badan selama fase menyusui.

Menyusui juga dapat membantu menurunkan berat badan pasca persalinan. Lalu bagaimana jika ibu berhenti menyusui, apakah berat badan akan naik?

Rupanya tidak ada bukti berbasis penelitian substansial yang menghubungkan penyapihan dan penambahan berat badan. Memang benar bahwa menyusui membakar lebih banyak kalori dan juga membuat metabolisme lebih efisien.

Kemungkinan kenaikan berat badan setelah penghentian menyusui dapat bervariasi antara satu wanita dengan wanita lain. Sementara beberapa wanita ada yang menambah berat badan setelah menyapih bayi mereka.

 

Selanjutnya :

Penyebab Berat Badan Naik

Penampilan BCL Banjir Pujian Saat Berziarah ke Makam sang Suami

Jangan Lewatkan