Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Begini Cara Membersihkan Telinga Anak, Kapan dan Bagaimana?

Begini Cara Membersihkan Telinga Anak, Kapan dan Bagaimana?

Dream- Menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh sudah jadi kewajiban, dan wajar dilakukan. Dengan tubuh yang bersih, kesehatan tubuh pun akan mengikuti.

Manusia memiliki anatomi tubuh yang memiliki fungsi masing-masing, sehingga cara merawatnya pun berbeda-beda.

Salah satu bagian tubuh manusia yang perlu dibersihkanberkala adalah telinga. Telinga digunakan sebagai indera pendengaran, di mana di dalamnya terdapat bagian-bagian yang penting dan sangat berpengaruh pada bagian tubuh yang lain.

Seperti yang disampaikan oleh Nicole Freedman dari Children’s Hospital Los Angeles, bagian dalam telinga memiliki penting untuk menjaga keseimbangan dan berbagai fungsi penting lainnya bagi tubuh. Sehingg perlu untuk merawat telinga, dan menjaga kebersihannya.

Sebelum mengetahui bagaimana cara membersihkan telinga anak, kita harus memahami terlebih dahulu anatomi telinga, supaya bisa membersihkannya dengan benar tanpa melukai.

Kenali Bagian-bagian Telinga Dulu

Telinga manusia terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian luar, tengah, dan dalam, begitu pula dengan telinga anak-anak.

Di mana dalam ketiga bagian utama ini terdapat beberapa bagian lagi dengan fungsinya masing-masing.

-    Telinga Luar
Bagian terluar ini terdiri dari tulang lunak yang lebar seperti corong terbuka. Fungsi dari bagian ini adalah untuk menangkap suara dan meneruskannya ke bagian tengah.

Anatomi Telinga


-    Telinga Tengah
Suara yang ditangkap dan diteruskan oleh telinga luar, akan menuju saluran yang mengarah ke gendang telinga yang terletak di telinga bagian tengah. Fungsi gendang telinga adalah untuk menciptakan getaran akibat suara yang masuk dan meneruskannya ke bagian telinga bagian dalam.

-    Telinga Dalam
Di bagian dalam, setelah getaran dari gendang telinga masuk, bertugas untuk mengolah dan meneruskan getaran suara ke otak, supaya kita bisa mendengar suara tersebut. Bagian dalam ini jugalah yang memiliki fungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh.

Setelah mengetahui bagian telinga, kita bisa memperkirakan bagian yang aman untuk dibersihkan. Lalu, kapan kita bisa membersihkan telinga?

Kapan Harus Membersihkan Telinga Anak?

Dilansir dari Web MD, idealnya kita tidak disarankan untuk membersihkan telinga setiap hari, bahkan tidak perlu. Namun, membersihkan telinga anak harus dilakukan apabila kotoran telinga mulai menumpuk dan mengganggu pendengaran mereka.

Membersihkan Telinga Anak

Untuk membersihan bagian telinga luar memang harus dilakukan setiap hari. Karena bagian luar telinga, tepatnya daun telinga sama juga memiliki kulit yang terpapar debu dan kotoran akibat aktivitas sehari-hari. Namun, untuk membersihkannya tidak harus sampai masuk lubang telinga bagian tengah.

Cara membersihkan telinga anak bagian luar, bisa dilakukan dengan membasuhnya dengan air saat mandi, atau menggosok pelan daun telinga dengan kain dan air hangat.

Cara Membersihkan Telinga Anak

Walau tidak dianjurkan membersihkan telinga, Nicole Freemad membagikan cara membersihkan telinga anak yang bisa dilakukan di rumah dan aman. Berikut cara-caranya:

Membersihkan Telinga Anak


-    Gunakan tisu atau kain untuk mengusap kotoran telinga di bagian luar, tepatnya yang masih nampak dari luar.
-    Keringkan telinga anak setelah mandi, dan menyuruh anak untuk mengusap kembali telinga mereka dengan handuk.
-    Jauhkan benda-benda asing yang bisa masuk dalam lubang telinga dari anak.
-    Membersihkan telinga bagian luar dengan air hangat.
-    Jangan gunakan cotton bud, baik ketika membersihkan telinga anak maupun membersihkan telinga anda.
-    Apabila dirasa kotoran telinga sangat menumpuk dan sudah mengganggu pendengaran anak, lebih baik segera konsultasi dengan dokter THT.

Cara membersihkan telinga anak yang paling penting adalah jangan biarkan benda asing masuk ke dalam telinga anak, bahkan cotton bud sekalipun.

Yang Harus Diketahui Orang Tua

Ketika membersihkan terlinga anak, ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh orang tua. Seperti penggunaan produk-produk perawatan telinga dan bagaimana cara membersihkan kotoran telinga.

Perlu diketahui bahwa kotoran telinga mengandung enzim yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur di dalam telinga. Selain itu, kotoran telinga juga bisa membantu menghalangi air masuk ke dalam telinga secara berlebihan.

Membersihkan Telinga Anak


Kotoran telinga, normalnya akan hilang dengan sendirinya. Seiring dengan gerakan mengunyah pada rahang, akan membuat pergerakan kotoran telinga keluar dari bagian tengah telinga, tanpa harus kita korek dan bersihkan.

Jadi, untuk membersihkan telinga, cukup bersihkan bagian luarnya saja tanpa harus mengoreknya ya, Sahabat Dream.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jangan Biarkan Anak Bergadang, Bisa Picu Masalah Telinga hingga Konsentrasi
Jangan Biarkan Anak Bergadang, Bisa Picu Masalah Telinga hingga Konsentrasi

Begadang bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang pada anak. Ketahui apa saja dampak begadang lainnya.

Baca Selengkapnya
Tubuh Sering Merasa Kedinginan Tanpa Alasan? Mungkin Ini Penyebabnya
Tubuh Sering Merasa Kedinginan Tanpa Alasan? Mungkin Ini Penyebabnya

Merasa kedinginan bukan hanya diakibatkan oleh suhu lingkungan. Hal tersebut juga bisa disebabkan berbagai kondisi kesehatan.

Baca Selengkapnya
Anak Tidur Sebaiknya Dalam Kondisi Gelap, Dokter Jelaskan Alasannya
Anak Tidur Sebaiknya Dalam Kondisi Gelap, Dokter Jelaskan Alasannya

Tidur dengan lampu menyala juga membuat anak cenderung terbangun bukan dengan rasa segar.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Tebak Gambar Makanan
BUNGKUS! Tebak Gambar Makanan

Dream - Tebak-tebakan gambar yuk Sahabat Dream. Ikuti petunjuk gambar untuk bisa menebak nama makanan. Berapa yang bisa kamu jawab?

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Derita Anak Kost
BUNGKUS! Derita Anak Kost

Sahabat Dream yang pernah hidup di kost pasti pernah merasa pengalaman ini. Kadang makan enak, kadang ya gitu deh. Yuk anak kost berbagi cerita.

Baca Selengkapnya