Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Begini Cara Diet Sehat untuk Anak Obesitas yang Aman

Begini Cara Diet Sehat untuk Anak Obesitas yang Aman Anak

Dream - Suatu yang berlebihan tentu tidak baik, dalam hal apapun itu. Begitu pula dengan masalah berat badan yang dimiliki oleh anak.

Anak yang gendut belum tentu memiliki kondisi tubuh yang sehat. Begitu pula dengan anak yang kurus belum tentu juga kondisi fisiknya tidak sehat.

Ada banyak faktor penyebab berat badan anak kurang atau berlebih. Dalam kesempatan kali ini, Dream akan membahas cara diet sehat bagi anak yang mengalami berat badan berlebih atau obesitas.

Bagi sebagian dokter dan pemerhati anak, mungkin kurang setuju dengan penerapan konsep diet pada anak. Namun, cara diet sehat tentu bisa jadi cara untuk mengatasi anak obesitas.

Masalah berat badan yang berlebihan pada anak, bisa mempengaruhi kesehatannya. Berdasarkan artikel yang dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, obesitas pada anak bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kronis, seperti asma, sleep apnea, diabetes tipe dua, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, anak dengan obesitas juga berisiko menderita tekanan darah tinggi, dan memiliki kolesterol yang tinggi. Juga, obesitas juga bisa menyebabkan anak merasa depresi karena tekanan sosial yang ia dapat. Untuk mengatasi obesitas, ada cara diet sehat untuk anak yang bisa diterapkan oleh para orang tua.

Menyeimbangkan Kalori

Memastikan anak mendapat asupan gizi yang seimbang adalah tugas orang tua. Membimbing dan mengajarkan mereka tentang kebutuhan tubuh dan kandungan gizi dari makanan yang anak konsumsi bisa dijadikan awal untuk memulai cara diet sehat bagi anak obesitas.

Cara Diet Sehat


Selain itu, sebagai orang tua kita juga memahami kebutuhan gizi anak dan membuat makanan yang bisa menyeimbangkan kalorinya. Cara untuk mengetahui kebutuhan gizi dan kalori anak, orang tua bisa melakukan konsultasi pada dokter anak atau ahli gizi.

Hal tersebut sebagai upaya untuk memulai cara diet sehat bagi anak obesitas, dan untuk memastikan bahwa anak mendapatkan gizi dan kalori yang cukup. Selain itu, untuk menyeimbangkan kalori, orang tua juga bisa menerapkan beberapa hal ini pada anak.

Pola Makan yang Sehat

Salah satu bagian penting untuk menyeimbangkan kalori anak, dan juga menjadi cara diet sehat anak obesitas, adalah dengan menerapkan kebiasaan makan yang sehat. Tidak hanya dari menu, tapi juga dari pola makannya.

Para orang tua bisa menerapkan kebiasaan makan yang sehat melalui banyak cara. Seperti membuatkan makanan ringat kesukaan anak dengan bahan yang sehat, dan juga mencontohkan kebiasaan-kebiasaan makan yang sehat lainnya.

Berikut beberapa tips untuk orang tua dalam menyiapkan makanan sehat untuk keluarga:
-    Menyediakan banyak sayuran, buah, dan gandum.
-    Menyiapkan susu, baik susu rendah lemak maupun susu biasa.
-    Pilih daging yang tidak mengandung lemak berlebih, daging unggas, ikan dan sumber protein lain.
-    Menyiapkan makanan dalam porsi besar.
-    Mewajibkan minum air putih.
-    Membatasi konsumsi gula, baik makanan dan minuman.


Dan, terpenting adalah untuk membuat inovasi setiap harinya. Hal ini untuk menghilangkan rasa jenuh pada anak.

Cara Diet Sehat

Selain itu, Dream juga tips bahan untuk membuat camilan rendah kalori yang bisa dimasukkan dalam daftar menu cara diet sehat untuk anak obesitas. Sahabat Dream bisa menggunakan bahan-bahan berikut ini:
-    Apel berukuran sedang
-    Satu buah pisang
-    Secangkir blueberry
-    Segelas anggur
-    Secangkir jus wortel, brokoli atau paprika

Membuat Anak Tetap Aktif Beraktivitas

Cara diet sehat untuk anak obesitas hanya dengan pola makan sehat akan membuat hasilnya tidak efektif. Cara diet sehat ini juga harus diikuti dengan olah tubuh, atau aktivitas fisik anak. Membuat anak aktif bergerak mampu menyeimbangkan kalori juga, lho Sahabat Dream.

Anak Obesitas

Untuk melakukan aktivitas fisik, orang tua tidak perlu memaksa anak untuk berolah raga berat. Membuat aktivitas olah raga menjadi menyenangkan bisa menjadi solusi, karena aktivitas fisik mampu mengurangi tekanan darah, menguatkan tulang, mengurangi stress dan tentu saja bisa mengurangi berat badan.

Kegiatan Anak

Setidaknya sediakan waktu kurang lebih 60 menit untuk anak berolah raga setiap harinya. Contohkan kegiatan berolah raga Anda, sehingga anak akan mengikuti dan meniru dengan sendirinya. Namun, perlu diperhatikan apabila anak mulai merasa bosan dengan olah raga atau aktivitas fisik lainnya.

Para orang tua tak perlu memaksa, dan biarkan anak melakukan aktivitas lain seperti membaca, bermain game, atau menonton TV. Berikan waktu paling banyak 2 jam untuk anak melakukan aktivitas menatap layar, dan harus didampingi.

Saran Ahli Gizi Saat Anak Hanya Mau Makan Camilan

Dream - Selera makan anak-anak memang kadang ajaib. Mereka bisa menutup mulutnya seharian saat melihat piring yang sudah berisi makanan lengkap.

Namun saat ada camilan seperti keripik, permen serta makanan tak sehat lainnya, si kecil bakal dengan senang hati membuka mulut.

Bahkan ada kalanya anak-anak tak mau sama sekali makan makanan lengkap, dan hanya mau mengonsumsi camilan. Rupanya hal ini sangat wajar pada balita.

"Sangat suka makanan tertentu dan hanya ingin makan makanan tersebut adalah hal normal bagi perkembangan balita. Terutama jika mereka terbiasa makan makanan ehat, lunak atau lembut. Saat ada makanan garing, gurih atau manis, anak jadi selalu ingin memakannya," kata Cara Rosenbloom, seorang pakar gizi, seperti dikutip dari Todays Parent.

Menurut Cara, jika hal ini terjadi dalam satu hari tidak masalah. Tapi jika selama berhari-hari maka bisa berdampak buruk bagi asupan gizi dan kesehatannya. Anak harus mendapat asupan gizi optimal demi perkembangan fisik dan mentalnya.

"Tak masalah jika anak ingin makan sesuatu, tapi jangan biarkan mereka melakukan kontrol penuh. Anak harus makan makanan yang disediakan di rumah, bukan yang tidak ada," pesan Rosenbloom.

Misalnya, jika anak ingin menikmati camilan keripik, maka sebelumnya harus makan makanan lengkap. Bisa juga makan makanan utama dengan keripik tapi sayur dan lauk harus dihabiskan.

"Camilan hanya bisa didapatkan jika anak sudah menghabiskan makanan utamanya, terutama sayur dan buah," ungkap Rosenbloom.

 

Tiga Rekomendasi Sarapan untuk Anak dari Pakar Gizi

Dream - Memastikan anak-anak memulai hari dengan sarapan yang sehat, jadi hal yang tak mudah. Durasi yang pendek untuk menyiapkan makanan, ditambah si kecil belum semangat untuk makan, dan orangtua juga sibuk berkejaran dengan waktu.

Akhirnya, makanan instan tinggi lemak dan gula jadi pilihan utama. Kebiasaan sarapan tak sehat ini berkaitan erat dengan risiko penyakit diabetes, jantung dan penyakit lainnya di kemudian hari saat mereka dewasa.

Lalu apa menu sarapan praktis dan sehat untuk anak? Ahli gizi British Dietetic Association (BDA) dan ahli diet anak, Aisling Pigott, menyarankan tiga menu ini. Cepat disiapkan dan kaya gizi.

1. Sereal
Jika sereal adalah hal yang paling disukai anak, cari yang rendah gula dan kadar seratnya tinggi. Ada juga yang yang kadar gulanya rendah, untuk itu selalu baca informasi gizi dalam kemasan.

"Sereal terbaik adalah yang berbasis bahan gandum. Padukan dengan susu dan potongan buah segar, cukup jadi bahan bakar anak untuk memulai hari," ujar Pigot, seperti dikutip dari Huffington.

2. Bubur gandum dan buah
Pigott mengatakan sarapan yang ideal terdiri dari karbohidrat, protein dan buah-buahan dan sayuran. "Sarapan seimbang yang sangat sehat adalah gandum (tanpa tambahan), susu dan buah di atasnya, seperti pisang atau buah beri," katanya.

Tidak harus rumit menyiapkannya. Menu tersebut merupakan pilihan bagus dan akan membuat anak tetap berenergi sampai siang.

3. Telur
Jika mencari menu yang kaya protein, olahan telur adalah jawabannya. Bisa membuat omelet atau menjadikannya isian roti. Jika punya cukup banyak waktu, bisa membuat campuran tahu telur kukus sayuran. Asupan protein yang tinggi akan membuat si kecil kenyang lebih lama dan penting untuk 'makanan' otaknya.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
3 Pilihan Menu Sahur Praktis,  Bikin Kenyang dan Disukai Anak

3 Pilihan Menu Sahur Praktis, Bikin Kenyang dan Disukai Anak

Namun, seringkali, menggugah nafsu makan anak pada waktu sahur bisa menjadi tantangan tersendiri.

Baca Selengkapnya
Bikin Onde-onde Tanpa Digoreng, Cocok Disantap Saat Diet

Bikin Onde-onde Tanpa Digoreng, Cocok Disantap Saat Diet

Makan camilan manis saat diet tak perlu takut berat badan naik drastis dengan mengonsumsi onde-onde tanpa digoreng.

Baca Selengkapnya
Tak Boleh Asal Pilih, 2 Jenis Olahraga yang Aman untuk Penderita Obesitas

Tak Boleh Asal Pilih, 2 Jenis Olahraga yang Aman untuk Penderita Obesitas

Pilih olahraga yang tepat untuk penderita obesitas agar lebih aman dan mudah dilakukan secara rutin.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Diet Terbaik untuk Perempuan di Atas 50 Tahun

5 Diet Terbaik untuk Perempuan di Atas 50 Tahun

Perempuan yang berusia di atas 50 tahun, mungkin mencari pola makan yang mendukung fungsi jantung atau otak.

Baca Selengkapnya
4 Efek Penurunan Berat Badan Karena Diet Ketat yang Harus Diwaspadai

4 Efek Penurunan Berat Badan Karena Diet Ketat yang Harus Diwaspadai

Diet ketat khususnya, seringkali menjadi pilihan bagi mereka yang ingin hasil yang cepat, tapi...

Baca Selengkapnya
5 Olahraga yang Bisa Turunkan Berat Badan Lebih Cepat

5 Olahraga yang Bisa Turunkan Berat Badan Lebih Cepat

Kebanyakan orang juga menganggap bahwa diet dengan defisit kalori sudah cukup untuk mencapai berat badan ideal.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! THIS OR THAT

BUNGKUS! THIS OR THAT

Kalau Sahabat Dream berada di antara dua pilihan ini, kalian akan pilih tim yang mana?

Baca Selengkapnya
Sering Dikira Aman, Minuman Ini Tinggi Kalori dan Kerap Bikin Gagal Diet

Sering Dikira Aman, Minuman Ini Tinggi Kalori dan Kerap Bikin Gagal Diet

Beberapa jenis minuman berkalori tinggi dan bisa membuat berat badan meningkat. Jika sedang menjalani diet, kamu harus menghindarinya jenis minuman ini.

Baca Selengkapnya
Berat Badan Tidak Mengalami Penurunan Setelah Diet Ketat? Inilah Faktor Penyebabnya

Berat Badan Tidak Mengalami Penurunan Setelah Diet Ketat? Inilah Faktor Penyebabnya

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kegagalan dalam penurunan berat badan setelah melakukan diet.

Baca Selengkapnya
10 Rekomendasi Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Edisi Terbaru 2024

10 Rekomendasi Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Edisi Terbaru 2024

Jika anak Kamu mengalami berat badan yang tidak normal, berikut rekomendasi susu untuk menaikkan berat badan anak.

Baca Selengkapnya