Bayinya Terkena Katarak, Ini Cerita Asri Welas

Asri menyadari kondisi putranya saat berusia 3 bulan, ia melihat terdapat titik putih di bagian tengah matanya.

Mutia
| 12 September 2017 08:09

Dream - Anak kedua Asri Welas, Rayyan Gibran Ridharaharja, mengalami kondisi yang boleh dibilang langka. Bayi lucu berusia 5 bulan itu menderita katarak. Kondisi ini membuat mata Ibran mengelami kekeruhan di bagian lensanya.

Lensa pada mata yang normalnya bening, dalam kondisi keruh dan mengaburkan penglihatan. Asri menyadari kondisi putranya saat berusia 3 bulan, ia melihat terdapat titik putih di bagian tengah matanya.

"Pada awalnya Asri melihat di usia 3 bulannya ada titik putih tepat di tengah mata di kedua matanya mas Ibran," ungkap Asri di akun Instagramnya.

Ibran, panggilan kesayangan untuk putranya, akhirnya diperiksakan ke dokter spesialis mata. Dari hasil pemeriksaan diketahui kalau ada katarak dan menghalangi penglihatan Ibran.

"Waktu itu terus terang rasanya seperti langit runtuh harus menerima kenyataan waktu Prof. Rita bilang Mas Ibran ada katarak di ke 2 matanya, sehingga menghalangi pandangan ke 2 matanya, " tulis Asri.

Dokter Rita yang menangani Ibran memutuskan untuk melakukan operasi katarak. Hal ini agar penglihatan Ibran tak terganggu dan ia kembali bisa melihat dengan normal. Operasi pertama dilakukan pada mata kanannya.

"Ada banyak yang harus di periksa karena ada banyak sebab kenapa bisa terkena katarak, bisa juga disebabkan oleh virus rubela, tokso tapi di kehamilan asri negatif akan hal ini, di mas Ibran sendiri juga tidak ada virus tersebut, kita periksa apakah jantungnya bocor, Alhamdulilah tidak, otaknya apakah ada virus, alhamdulilah tidak ada,tahap awal adalah operasi pengangkatan di mata kanan nya," cerita Asri.

Saat ini kedua mata Ibran telah dioperasi. Asri mengungkap kalau katarak pada bayi biasanya dipicu oleh virus rubella dan tokso. Namun saat hamil Ibran, ia tak terpapar virus tersebut.

"Mas Ibran akan memakai kacamata untuk membantu retinanya berkembang baik, saran kepada yg baru menikah mau segera punya momongan dan yang sedang hamil cek tokso, rubela dan tors supaya janin sehat baik perempuan dan laki2 nya, tapi asri dan Ibran tidak ada terdeteksi rubela, tokso dan tors, bisa juga karena bawaan lahir saja, minta doanya agar mas Ibran sehat terus dan dapat berkembang baik," tulis Asri.

 

 

Fakta di balik film Pengkhianatan G30S/PKI

Jangan Lewatkan