Bayi Prematur Sangat Butuh ASI di Awal Kehidupannya

Pemberian ASI pada bayi prematur bisa dilakukan ketika kondisinya sudah stabil.

Mutia
| 1 Desember 2018 10:32

Dream - Memberikan air susu ibu (ASI) bagi bayi yang lahir prematur memang penuh tantangan. Bayi belum bisa mengisap secara optimal dan pertumbuhan organnya belum begitu sempurna.

Meski demikian bayi-bayi prematur ini sangat membutuhkan ASI. Bahkan setetes ASI sang ibu begitu berarti bagi di awal kehidupan bayi prematur ke dunia.

" Bayi prematur itu belum matur kekebalan tubuhnya, belum cukup mateng kekuatannya. Justru di ASI ini (bisa memberikan) kekebalan yang tidak bisa digantikan oleh susu formula," kata dokter spesialis anak di bidang neonatologi Rinawati Rohsiswatmo, beberapa waktu lalu.

Pemberian ASI di awal kehidupan bayi prematur bisa dilakukan ketika kondisinya sudah stabil. Jadi, alangkah baiknya ibu meminimalisasi stres agar ASI bisa keluar.

Saat kondisi bayi stabil, rumah sakit sebaiknya menyiapkan bidan yang mendampingi ibu dan membantu memberikan ASI ke bayi.

" Tidak mungkin bayi prematur menyusu IMD (inisiasi menyusu dini) seperti bayi lahir cukup bulan. Usai lahir, bayi prematur harus segera dimasukkan ke inkubator, harus segera dibantu pernapasan, nanti kalau sudah stabil ASI yang diperah itu diberikan," kata dokter yang menelurkan buku 'ASI untuk Bayi Prematur' ini.

Ibu baru lahir tak perlu panik bila hasil ASI yang diperah sedikit. Seberapapun jumlah ASI yang keluar begitu berarti untuk bayi prematur.

" Beberapa tetes pun tetap diterima. Karena memang kemampuan usus bayi belum bisa minum banyak," kata wanita yang mendalami ilmu perinatologi di Melbourne, Australia ini.

Laporan Benedikta Desideria/ Liputan6.com

JOKOWI AKUI TAHU BAHASA ACEH DI DEPAN ULAMA

Jangan Lewatkan