Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bayi Perempuan yang Baru Lahir Bisa Menstruasi, Ini Sebabnya

Bayi Perempuan yang Baru Lahir Bisa Menstruasi, Ini Sebabnya Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Menstruasi pada umumnya dialami oleh anak perempuan yang telah memasuki usia pubertas. Siklus ini terjadi secara alami di setiap bulan. Namun ternyata, menstruasi juga bisa dialami oleh bayi yang baru lahir.

Kondisi itu disebut dengan Neonatal Uterine Bleeding (NUB). Bercak darah keluar dari vagina bayi perempuan tepat ketika ia dilahirkan. Layaknya menstruasi pada orang dewasa, darah tersebut juga berasal dari rahim bayi.

"Kasusnya terjadi sekitar 5 persen. Setelah tali pusat dipotong dia (bayi) mengalami menstruasi. Hal ini sebenarnya tidak lazim," kata Dr. dr. Kanadi Sumapraja, Sp. OG-KFER, M.Sc, dokter spesialis kebidanan dan kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrin dan Reproduksi RS Pondok Indah di Jakarta, Kamis 13 Februari 2020.

Dokter Kanadi

( Dr. dr. Kanadi Sumapraja, Sp. OG-KFER, (Foto: Mutiara/ Dream)

Menstruasi neonatal terjadi akibat respons tubuh bayi terhadap hormon sang ibu. Lonjakan kadar hormon estrogen ibu saat hamil dapat merangsang pertumbuhan rahim janin perempuan. Hormon ini disalurkan melalui plasenta ke dalam aliran darah janin.

"Seharusnya rahim bayi belum sensitif terhadap hormon. Paparan hormon seharusnya tidak akan menyebabkan hal apa pun selama bayi itu sehat," jelasnya.

 

 

Penyebab Bayi Menstruasi

Bayi yang mengalami stres di dalam kandungan dapat meningkatkan risiko menstruasi neonatal. Misalnya ibu hamil yang menderita gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, menderita kekurangan nutrisi atau ibu hamil yang memiliki masalah psikologis.

Kondisi stres pada janin akan meningkatkan respon terhadap hormon estrogen ibu sehingga mempercepat proses pematangan rahim. Akibatnya terjadi penebalan dinding rahim bayi sejak masih di dalam kandungan.

"Tapi pada saat di dalam rahim dia belum mens karena hormon ibunya masih ada. Yang terjadi, ketika putus tali pusat, putus pula kontak dengan ibunya. Maka aliran hormon bayi dari ibunya turun drastis dan itu yang bikin dia menstruasi," ujarnya.

Kanadi menegaskan, menstruasi neonatal tidak terjadi dalam siklus yang berulang. Hanya terjadi pada saat bayi dilahirkan dan tidak semua bayi mengalami hal ini.

 

Apakah Berbahaya?

Menstruasi neonatal tidak berlangsung lama. Bagian luar vagina bayi hanya perlu dibersihkan. Setelah berhenti, darah ini sebenarnya tidak akan muncul kembali.

Namun harus waspada karena menstruasi neonatal disebut menjadi cikal bakal dari penyakit endometriosis di masa depan.

"Rahim bayi bentuknya masih kecil seperti tabung panjang, sehingga darah mens kemungkinan tidak sepenuhnya turun ke bawah tapi juga tumpah masuk ke dalam perut. Akibatnya dia jadi punya bibit endometriosis di masa yang akan datang," ungkap Kanadi.

Darah menstruasi yang tidak bisa keluar dapat mengiritasi jaringan di sekitarnya sehingga menyebabkan rasa sakit. Jika remaja putri mengalami sakit yang hebat selagi menstruasi atau bahkan saat tidak menstruasi, segera periksa ke dokter spesialis kandungan.

Tak Boleh Lengah, Kenali Gejala Saat Bayi Kurang Zat Besi

Dream - Asupan zat besi pada bayi harus selalu terpenuhi. Terutama pada bayi yang sudah tak lagi ASI eksklusif dan mulai makan makanan bertekstur halus. Zat besi ini sangat berguna untuk perkembangan dan pertumbuhan si kecil.

Fungsi zat besi, seperti dikutip dari KlikDokter, adalah membantu membawa oksigen berjalan dari paru-paru dan tersebar ke seluruh tubuh. Jika ASI atau MPASI yang diberikan ke bayi kurang mengandung zat besi, si kecil akan berisiko mengalami anemia.

Anemia merupakan suatu kondisi di mana darah tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat. Kekurangan zat besi yang mengarah pada anemia jika tidak ditangani dengan tepat,  dapat berdampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangan anak, serta memicu stunting.

Ada gejala-gejala yang muncul saat bayi kekurangan zat besi. Sayangnya, orangtua kerap tak menyadari. Untuk itu cobalah lebih peka saat melihat kondisi kesehatan anak.

 

Alarm dari tubuh si kecil saat kurang zat besi

Berikut merupakan tanda dan gejala kekurangan zat besi pada bayi yang orangtua harus kenali:

Kulit Pucat
Apabila anak kekurangan zat besi, maka ia juga berisiko mengalami anemia. Nah, kulit pucat ini terjadi karena kandungan hemoglobin pada darah anak jumlahnya tidak cukup. Warna merah darah memberi rona merah pada kulit, sehingga warnanya tidak terlalu pucat. Pada anak yang kekurangan zat besi, jumlah darah di tubuhnya kurang, sehingga kulitnya akan terlihat pucat.

Kelelahan
Kelelahan merupakan salah satu tanda anak kekurangan zat besi. Saat zat besi kurang, oksigen di dalam tubuh tidak tersebar dalam jumlah rata ke seluruh tubuh. Alhasil, si kecil kelihatannya jadi cepat capek dan lelah saat Anda ajak main.

 

Perhatikan Gejala Lainnya

Tangan dan Kaki Dingin

Saat kaki dan tangan bayi terasa dingin, tidak hangat, ini bisa menjadi tanda bahwa si kecil kekurangan zat besi. Dinginnya tangan dan kaki ini disebabkan karena oksigen yang tidak terpenuhi. Kurangnya zat besi dalam tubuh bisa membuat penyebaran oksigen di seluruh tubuh tidak merata.

Pertumbuhan dan Perkembangannya Terlambat
Saat kandungan zat besi pada bayi kurang, perkembangan dan pertumbuhan anak akan terhambat. Pasalnya, zat besi yang kurang akan memengaruhi jumlah darah di dalam tubuh bayi. Darah membawa banyak nutrisi ke seluruh tubuh. Jika kurang darah, organ tubuh bayi jadi tidak bekerja secara maksimal. Alhasil, perkembangan bayi jadi terlambat.

Pernapasan Bayi Tidak Lancar
Saat zat besi pada bayi kurang, maka pasokan darah dan oksigen dalam tubuh si kecil berkurang. Pada akhirnya, bayi Anda rentan mengalami sesak napas. Ini karena kadar oksigen dan darah yang diedarkan paru-paru ke sistem pernapasan tubuh jumlahnya kurang.

Perbanyak memberikan menu-menu yang kaya zat besi tinggi. Makanan sumber zat besi antara lain hati ayam, daging ayam, daging ikan, tahu, kacang polong, dan juga telur.

Berikan si kecil sayuran yang tinggi vitamin C, misalnya seperti sari jeruk yang rasanya tidak terlalu asam.

Penting juga untuk konsultasi dengan ahli gizi atau dokter spesialis untuk mendiagnosis kondisi kekurangan zat besi bayi. Selengkapnya baca di sini.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Penyebab Menstruasi Telat Seminggu yang Perlu Dipahami, Bukan Hanya Pertanda Hamil

9 Penyebab Menstruasi Telat Seminggu yang Perlu Dipahami, Bukan Hanya Pertanda Hamil

Penyebab mens telat seminggu bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti stres, perubahan hormon, kondisi medis tertentu, dan faktor gaya hidup.

Baca Selengkapnya
Apakah Mimpi Basah Menyebabkan Batal Puasa? Begini Penjelasan dalam Hadis dan Ulama

Apakah Mimpi Basah Menyebabkan Batal Puasa? Begini Penjelasan dalam Hadis dan Ulama

Mengeluarkan air mani secara sengaja tentu saja membuat puasa menjadi batal. Tapi berbeda dengan mengalami mimpi basah.

Baca Selengkapnya
Sebelum Pakaikan Perhiasan untuk Bayi, Ketahui Risikonya

Sebelum Pakaikan Perhiasan untuk Bayi, Ketahui Risikonya

Jangan sampai perhiasan yang dikenakannya malah membahayakan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cara Supaya Cepat Haid Secara Alami, Konsumsi 6 Jenis Makanan Ini!

Cara Supaya Cepat Haid Secara Alami, Konsumsi 6 Jenis Makanan Ini!

Siklus menstruasi yang teratur penting untuk kesehatan perempuan.

Baca Selengkapnya
Tak Perlu Panik Muncul Rasa Panas Saat Menstruasi, Ini Sebabnya

Tak Perlu Panik Muncul Rasa Panas Saat Menstruasi, Ini Sebabnya

Salah satu gejala yang mungkin dihadapi oleh sebagian wanita adalah hot flash atau rasa panas yang muncul tiba-tiba saat menstruasi.

Baca Selengkapnya
Anak Perempuan Bareng Ayahnya Ini Jadi Istri Mantan Penyanyi Cilik Terkenal, Siapa Dia?

Anak Perempuan Bareng Ayahnya Ini Jadi Istri Mantan Penyanyi Cilik Terkenal, Siapa Dia?

Belum lama ini, dia dan suaminya baru saja mengumumkan kehamilan anak pertamanya.

Baca Selengkapnya
3 Manfaat Berolahraga Saat Menstruasi, Tetap Aktif Yuk!

3 Manfaat Berolahraga Saat Menstruasi, Tetap Aktif Yuk!

Walaupun tubuh terasa lemas, ternyata berolahraga saat menstruasi bisa jadi solusi PMS dan memberi manfaat kesehatan lainnya.

Baca Selengkapnya
Penderitaan Wanita di Gaza Terpaksa Pakai Potongan Kain Tenda sebagai Pembalut Saat Menstruasi

Penderitaan Wanita di Gaza Terpaksa Pakai Potongan Kain Tenda sebagai Pembalut Saat Menstruasi

Sejumlah perempuan pengungsi yang tinggal di Rafah menggunting kecil-kecil kain tenda mereka.

Baca Selengkapnya
Bayi Baru Lahir Ternyata Tak Perlu Mandi Setiap Hari

Bayi Baru Lahir Ternyata Tak Perlu Mandi Setiap Hari

Mandi terlalu sering bisa membuat kulit si kecil jadi lebih berisiko mengalami masalah.

Baca Selengkapnya