Bayi Juga Butuh Ritual Skincare, Ini Daftarnya

Pastikan kulitnya tetap lembap dan tak bermasalah.

Mutia Nugraheni
| 13 Mei 2021 10:29

Dream – Saat bayi berusia 6 hari, 6 minggu, atau 6 bulan, kulitnya masih sangat halus. Kita harus ekstra hari-hati dalam menjaga kesehatan kulitnya karena sangat mudah muncul reaksi seperti ruam, gatal, bentol atau keluhan lain jika kulit bayi terpapar zat tertentu.

Banyak sekali produk perawatan bayi yang dijual di pasaran dan mengklaim bisa merawat kulit bayi yang sensitif. Ingat, tak semua produk dibutuhkan si kecil. Justru pemakaian produk perawatan kulit yang berlebihan bisa membuat kulitnya bermasalah.

Lakukan perawatan berikut untuk menjaga kulit bayi selalu sehat. Layaknya orang dewasa, bayi juga butuh perawatan kulit atau skincare yang rutin.

- Jangan memandikannya setiap hari
Bayi baru lahir tak perlu mandi setiap hari. Bila terlalu sering memandikannya, kulit bayi bisa jadi mudah kering. Sebagai gantinya, gunakan waslap basah untuk membersihkan area popok dan lipatan kulit. Seperti selangkangan, serta dagu dan paha.

Bila ingin menggunakan sabun, pastikan yang tidak mengandung zat pewarna dan formulanya tidak keras, serta tak pedih di mata. Cari sabun yang bisa mencuci kelembapan kulit bayi dan bukannya malah terasa kesat setelah dimandikan.

- Ganti popok sesering mungkin
Popok sekali pakai idealnya diganti setiap 2 hingga 4 jam, baik kondisinya penuh atau tidak. Mengenakan popok berjam-jam bisa membuat kulit bayi bermasalah seperti lecet atau ruam.

Untuk itu sesekali angin-anginkan agar area intim si kecil tidak terlalu lembap. Kulit di area tersebut mudah sekali bermasalah, biasanya karena terkena urine atau bekas kotoran yang tak dibersihkan dengan baik.


Selanjutnya :

Jaga Kulitnya Tetap Lembap

Viral, Artis dan Mantan Menteri Saling Tuding Insiden Nyerempet Mobil

Jangan Lewatkan