Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bayi Baru Lahir Ternyata Tak Perlu Mandi Setiap Hari

Bayi Baru Lahir Ternyata Tak Perlu Mandi Setiap Hari Bayi Mandi/ Foto: Shutterstock

Dream - Memandikan bayi baru lahir berusia 0 hingga 30 hari memang kerap menimbulkan kekhawatiran. Terutama pada ibu yang baru saja memiliki anak pertama. Banyak yang belum tahu kalau sebenarnya bayi baru lahir tak perlu mandi setiap hari.

Paparan air yang berlebihan justru dapat menghilangkan kelembapan kulit bayi, apalagi jika terkena sabun terlalu sering. Kulit bayi baru lahir memang begitu sensitif, jadi kita perlu ekstra hati-hati.

“Ini adalah keseimbangan yang rumit. Penggunaan produk mandi, termasuk lotion yang mengandung pewarna atau pewangi, dapat bereaksi dengan kulit bayi dan memperburuk eksim bahkan jika si bayi tidak memilikinya,”" kata Scott Grant, M.D., dokter anak di Rumah Sakit Anak Michigan Medical Center Detroit.

 

Jadi seberapa sering harus memandikan bayi yang baru lahir?

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), bayi yang baru lahir harus dimandikan pertama kali sekitar 24 jam setelah lahir. Penundaan tersebut dapat menurunkan risiko hipotermia dan hipoglikemia, berkontribusi pada keberhasilan menyusui, dan melembapkan kulit.

Saat memandikan, tetap gunakan spons mandi sampai tali pusar mereka lepas, biasanya dalam beberapa minggu setelah lahir. AAP merekomendasikan untuk memandikan bayi tiga kali seminggu hingga ulang tahun pertamanya.

"Seiring bertambahnya usia dan lebih banyak bergerak yang mungkin memerlukan mandi ekstra dari waktu ke waktu. Pastikan saja kebersihan popok, area intim dan punggungnya. Secara umum, aturan ini cukup selama area popok dibersihkan dengan benar pada setiap penggantian popok," ujar dr. Grant.

Sangat penting untuk membersihkan area popok dengan baik, terutama setelah si kecil buang air di antara lipatan kulit. Untuk bayi laki-laki, tarik perlahan kulup untuk membersihkan area di bawahnya. Untuk anak perempuan, area di sekitar vagina memiliki lipatan serupa yang harus dibersihkan dengan baik.

Memang tidak perlu memandikan bayi setiap hari. Meski demikian, kebersihan di area intimnya tetap harus diperhatikan. Ganti popok dan bajunya secara teratur agar tidak muncul masalah kulit.

Mengapa Bayi Harus Menangis Saat Baru Lahir? Cari Tahu Jawabannya

Dream - Suara tangis bayi saat baru dilahirkan selalu dinanti oleh bidan, dokter, serta perawat yang mendampingi proses persalinan. Saat seorang bayi lahir dan tidak menangis sama sekali para tim medis yang mendampingi ibu harus bergerak cepat menstimulasi bayi agar menangis.

Mungkin banyak dari Sahabat Dream yang belum tahu mengapa tangisan bayi sangat penting begitu dilahirkan? Dikutip dari ABC Law Center, tangisan bayi saat lahir menandakan bahwa paru-parunya dalam keadaan sehat dan bekerja dengan baik. Paru-paru merupakan organ yang 'matang' paling terakhir pada bayi.

Tangisan bayi juga menandakan sudah berkembangnya koordinasi beberapa elemen kompleks dalam kerja organ yaitu otot wajah, saluran udara dan pernapsan. Sebuah studi pada 2005 menemukan bahwa elemen non-vokal dari tangisan berkembang di dalam rahim.

Studi tersebut mengungkapkan bahwa, pada usia kehamilan 20 minggu, janin memiliki semua keterampilan koordinasi motorik yang diperlukan untuk bagian non-vokal dari tangisan.

Saat bayi dilahirkan, mereka terpapar udara dingin dan lingkungan baru, sehingga seringkali membuat mereka langsung menangis. Tangisan ini akan melebarkan paru-paru bayi dan mengeluarkan cairan ketuban serta lendir.

"Tangisan pertama bayi tersebut menunjukkan bahwa paru-paru bekerja dengan baik, namun tangisan mungkin tertunda karena sejumlah faktor yang seperti persalinan yang sulit, tali pusat, dan masih banyak lagi," kata dr. Yvonne Bohn, seorang ahli kebidanan di Santa Monica, California

 

Skor APGAR

Jika tangisan tak terjadi, belum tentu bayinya tidak sehat. Dokter mungkin mencoba menstimulasi tangisan pertama bayi dengan mengeringkan bayi atau menyedot cairan dari mulut atau hidungnya, jika hal itu tidak terjadi secara alami.

"Tak ada tangisan yang disertai dengan tanda-tanda darurat lainnya, maka dokter atau bidan akan melakukan tindakan medis. Sebelumnya kondisi bayi yang baru lahir akan dinilai dalam Skor APGAR," ujar Bohn.

Penilaian APGAR ini merupakan metode standar pengukuran kesehatan bayi baru lahir, skor Apgar. Apa saja yang dinilai?

Activity (aktivitas otot).
- Pulse (denyut jantung).
Grimace (respons dan refleks bayi).
- Appearance (penampilan, terutama warna tubuh bayi).
Respiration (pernapasan).

Setiap kriteria diberi skor 0, 1, atau 2 (dua di antaranya adalah yang terbaik), dan totalnya ditemukan dengan menjumlahkan semua 5 skor. Dokter biasanya akan melakukan tes Apgar pada satu dan lima menit setelah lahir.

"Tes APGAR lain dapat diberikan pada menit ke 10, 15, dan 20 jika skornya rendah. Jika bayi memiliki skor Apgar 0-3, ia berada dalam kondisi kritis; jika 4-6 membutuhkan intervensi medis segera; jika nilainya 7 atau lebih tinggi, itu dianggap normal," ungkap Bohn.

Ayun Bayi dan Mengguncangkannya Bisa Berakibat Fatal

Dream - Bayi memang sangat menggemaskan. Seringkali kita ingin membuatnya tertawa dengan menggendong, mengangkatnya ke atas dan menggerakkan. Si kecil biasanya akan tertawa, tapi juga bisa jadi berbahaya.

Mengapa? Perlakuan tersebut bisa membuat bayi mengalami shaken baby syndromeShaken baby syndrome, atau disebut juga abusive head trauma, merupakan cedera otak yang disebabkan oleh guncangan hebat di kepala. Guncangan ini dapat disebabkan oleh berbagai hal.

Salah satunya adalah guncangan akibat bayi diayunkan dengan kuat. Bisa juga saat bayi dimainkan dengan cara dilempar ke atas, lalu ditangkap di bawah. Kondisi guncangan hebat saat berkendara juga berpotensi menyebabkan shaken baby syndrome.

Ketika bayi mengalami guncangan, otak mengalami pergeseran dan membentur tulang tengkorak. Akibatnya, dapat terjadi robekan saraf dan pembuluh darah yang menyebabkan perdarahan otak.

 

Sering Terjadi Pada Anak di Bawah 2 Tahun

Shaken baby syndrome paling sering terjadi pada anak di bawah usia 2 tahun. Pada usia tersebut, ukuran kepala si kecil masih cenderung lebih besar dibanding tubuhnya. Kondisi ini memang jarang sekali terjadi, tapi dapat bersifat fatal bagi si kecil.

Orang dewasa punya banyak cara meluapkan kasih sayang dan rasa gemas pada bayi. Salah satu yang sering dilakukan adalah dengan menggendong sambil mengayun-ayunkan bayi. Hal ini mungkin terlihat wajar saja.

Ciri-ciri bayi terkena shaken baby syndrome bervariasi, mulai dari yang ringan hingga berat. Pada gejala ringan, bayi akan menjadi rewel atau mengantuk, sulit makan, dan juga tampak lebih pucat.

Selengkapnya baca di sini.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Sebelum Pakaikan Perhiasan untuk Bayi, Ketahui Risikonya
Sebelum Pakaikan Perhiasan untuk Bayi, Ketahui Risikonya

Jangan sampai perhiasan yang dikenakannya malah membahayakan.

Baca Selengkapnya
3 Kondisi Pada Bayi Baru Lahir yang Sering Bikin Kaget
3 Kondisi Pada Bayi Baru Lahir yang Sering Bikin Kaget

Bayi bisa mengalami hal-hal yang mungkin dianggap aneh, padahal sebenarnya cukup normal.

Baca Selengkapnya
Dianggap Aman untuk Anak, Ternyata 4 Minuman Ini Tak Direkomendasikan Dokter
Dianggap Aman untuk Anak, Ternyata 4 Minuman Ini Tak Direkomendasikan Dokter

Penting untuk memperhatikan asupan cairan sehari-hari buah hati.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bayi Kurang dari 2 Bulan Sebaiknya Tak Dipakaikan Krim Penangkal Nyamuk
Bayi Kurang dari 2 Bulan Sebaiknya Tak Dipakaikan Krim Penangkal Nyamuk

Bijaklah dalam menggunakan produk pengusir serangga yang mengandung DEET.

Baca Selengkapnya
Beda Usia, Ternyata Beda Cara Perawatan Gigi Anak
Beda Usia, Ternyata Beda Cara Perawatan Gigi Anak

Jaga kesehatan gigi dan gusi si kecil sejak dini agar tidak bermasalah di kemudian hari.

Baca Selengkapnya
Menyambut Kelahiran Bayi Langur Langka Warna Emas, Mirip Kera Sakti
Menyambut Kelahiran Bayi Langur Langka Warna Emas, Mirip Kera Sakti

Bayi Lutung François berwarna oranye terang di Taman Margasatwa Irlandia ini dianggap sebagai spesies yang terancam punah

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024
Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Simak dan ikuti cara memilih susu untuk menaikkan berat badan anak, agar gizi anak tetap seimbang dan terpenuhi.

Baca Selengkapnya
Ibu Pergi Liburan Tega Tinggalkan Bayinya 10 Hari Sendirian di Rumah, Saat Kembali Kondisi Anaknya Mengenaskan
Ibu Pergi Liburan Tega Tinggalkan Bayinya 10 Hari Sendirian di Rumah, Saat Kembali Kondisi Anaknya Mengenaskan

Balita tersebut meninggal karena kelaparan dan dehidrasi parah.

Baca Selengkapnya
Sering Buang Air Kecil Saat Hamil Tak Selalu Normal, Bisa Jadi Tanda Infeksi
Sering Buang Air Kecil Saat Hamil Tak Selalu Normal, Bisa Jadi Tanda Infeksi

Bila ibu hamil merasa frekuensi buang air kecil sangat menganggu dan disertai demam dan nyeri, segera konsultasikan dengan dokter.

Baca Selengkapnya