Batuk Lama dan Tubuh Anak Menjadi Kurus? Waspada TBC

Jangan menunda melakukan pemeriksaan jika muncul gejala-gejala berikut.

Mutia
| 9 Agustus 2018 16:12

Dream - Penyakit tuberculosis (TBC) pada 2015 diketahui menjangkiti 1 juta anak yang berusia 0 hingga 14 tahun. Penyakit ini disebabkan bakteri yang bernama Mycobacterium dan sangat menular.

Penularannya pun cukup mudah. Dari batuk penderita TBC yang kemudian menyebar bakteri di udara lalu terhirup oleh anak. Gejala TBC seperti flu biasa, tak heran kalau penyakit ini seringkali dikira hanya batuk ringan.

Bakteri TB bukan hanya bisa menjangkiti pernapasan seperti paru-paru dan tenggorokan tapi bisa menyebar ke organ lain seperti saluran pencernaan, kelenjar getah bening perut, pankreas, hati, dan limpa. Efeknya jika tak segera ditangani tentunya sangat fatal.

" Anak akan terhambat pertumbuhan fisiknya, hal ini juga berdampak pada perkembangan kognitif. Penyakit ini bisa sembuh dengan pengobatan yang intensif," ujar Christine Roger, seorang dokter anak.

TB milier, merupakan penyakit akibat Mycobacterium yang seringkali menyerang anak-anak yang berusia tiga tahun. Infeksi ini biasanya terjadi di seluruh tubuh, meskipun dapat mempengaruhi hanya satu atau beberapa organ.

" Jika anak dekat dengan orang yang terinfeksi yang bersin, batuk, bernyanyi atau bahkan berbicara singkat, serta berbagi ruang bernafas dengan orang yang terinfeksi bakteri TB, dia kemungkinan besar akan terinfeksi juga," ungkap Roger.

Lalu apa gejala TB yang khas pada anak-anak? Batuk selama berminggu-minggu dan tak kunjung sembuh. Batuk ini kian parah saat malam hari dan membuat anak susah tidur. Kadang saat meludah disertai bercak darah.

Nafsu makannya juga menurun drastis. Hal ini tentu saja berdampak pada menurunnya berat badan anak. Tubuhnya pun makin hari makin terlihat kurus. Segera periksakan anak jika muncul gejala-gejala tersebut. Ingat, lakukan pengobatan hingga tuntas selama 6 bulan jika anak positif TBC.

Selanjutnya :

Pengobatan TBC Anak Wajib Dilakukan 6 Bulan, Ini Alasannya

#AccousticInterview - Vidi, Sheryl & Jevin Julian Bicara Tentang Netizen

Jangan Lewatkan