Batuk dan BB Anak Turun Drastis, Bisa Jadi Gejala TBC

Seringkali orangtua menganggap anak hanya mengalami batuk biasa.

Mutia Nugraheni
| 19 November 2020 10:40

Berat Badan Turun dan Mudah Lelah

3. Berat Badan Turun
Jika kondisi tubuh si kecil kian hari semakin kurus, waspadalah. Sebab, tuberkulosis juga bisa menyebabkan anak kehilangan nafsu makan. Ironisnya, tubuh membutuhkan banyak asupan bergizi supaya sistem kekebalan meningkat dan mampu melawan serangan kuman.

Dengan nafsu makan yang menurun drastis, proses pemulihan sulit diwujudkan. Apalagi, terkadang keinginan untuk makan jadi hilang karena disela oleh batuk terus-menerus.

4. Mudah Lelah dan Nyeri Dada
TB pada anak dapat menyebabkan gejala mudah lelah dan nyeri dada. Hal ini disebabkan oleh kemampuan atau fungsi paru yang terganggu oleh peradangan selaput (pleura).

Bila si kecil yang tadinya aktif menjadi tidak bersemangat, mudah lelah, dan saat batuk ia turut memegang dadanya untuk menahan rasa nyeri, bisa jadi itu adalah gejala TB pada anak.

5. Demam Meriang Lebih dari Sebulan
Demam meriang sering dianggap sebagai gejala masuk angin. Padahal, kondisi tersebut juga dapat menjadi indikasi anak terkena TB. Oleh sebab itu, segera periksakan anak ke dokter jika ia mengalami demam meriang yang tak berkesudahan.

Selengkapnya baca di sini.

Selanjutnya :

Kondisi Batuk Pada Bayi yang Bisa Jadi Tanda Bahaya

BERANI BERUBAH: Gelas Kesuksesan Korban PHK

Jangan Lewatkan