Barang yang Penting Dibawa ke RS Agar Persalinan Lebih Rileks

Bisa membantu ibu lebih tenang dan rileks sehingga menghadapi persalinan dalam kondisi mental yang stabil.

Mutia Nugraheni
| 30 Juni 2018 10:35

Dream - Rasa sakit kontraksi yang terus menerus, apalagi jika disertai keluarnya air ketuban akan sangat membuat panik para ibu dan ayah saat menghadapi proses persalinan. Padahal penting untuk menjaga kondisi mental tetap tenang dalam proses persalinan.

Apalagi tak semua persalinan berjalan cepat dan stabil. Bisa saja memakan waktu lama atau kondisi ibu dan bayi menurun selama persalinan. Untuk itu sangat penting menciptakan suasana yang rileks selama menunggu bukaan sempurna atau ketika menghadapi operasi caesar.

Ada beberapa barang yang sangat direkomendasikan untuk di bawa ke rumah sakit saat bersalin. Barang-barang ini bisa membantu ibu lebih tenang dan rileks sehingga menghadapi persalinan dalam kondisi mental yang stabil. Apa saja?

- Essential oil
Barang satu ini sedang naik daun dan kian diminati. Bisa juga diandalkan untuk mengurangi level kecemasan. Salah satu essential oil yang aman untuk digunakan selama persalinan yaitu jenis lavender. Bisa menghirupnya dengan dimasukkan ke difuser atau mengoleskannya pada leher dan punggung.

- Pemutar lagu
Musik bisa jadi terapi yang sangat menenangkan. Apalagi jika Anda sudah membuat playlist khusus yang sering diputar saat mencari ketenangan. Bisa membawa speaker mini atau earphone. Bagi yang muslim, mendengarkan lantunan ayat Alquran juga bisa membantu kondisi mental jadi lebih tenang.

- Alat tidur
Kenyamanan seringkali muncul karena alat tidur yang sering Anda gunakan. Tak ada salahnya membawa peralatan tidur yang biasa digunakan ke rumah sakit. Seperti bantal, guling atau selimut. Biasanya alat tidur membuat ibu lebih rileks dan mempermudah beristirahat setelah persalinan.

 

Topik Terkait :

Wulan Guritno Gugat Cerai Adilla Dimitri

Jangan Lewatkan