Balita Dilarang Duduk di Kursi Depan Mobil, Alasannya...

Banyak yang mengira bukan hal masalah besar jika memangku anak di kursi depan mobil di samping sopir.

Mutia Nugraheni
| 8 Mei 2017 19:21

Dream - Membawa bayi dan balita berkendara dengan mobil, berarti keselamatannya harus jadi hal yang utama. Salah satu hal yang sering diabaikan oleh para orangtua saat membawa anak berkendara adalah posisi duduk.

Banyak yang mengira bukan hal masalah besar jika memangku anak di kursi depan mobil di samping sopir. Tapi hal ini sebenarnya sangat berbahaya. Anak-anak, khususnya yang berusia di bawah 12 tahun sebaiknya duduk di car seat.

Bukan di bangku penumpang biasa apalagi di kursi depan. Hal ini bukan tanpa alasan. Penyebabnya adalah, airbag yang di desain sebagai pelindung tubuh penumpang ketika terjadi benturan, bukan dirancang untuk melindungi tubuh anak, tetapi hanya untuk tubuh orang dewasa.

" Meski anak di bawah 12 tahun mengenakan seatbelt, saat terjadi kecelakaan tetap sangat mematikan. Tempat duduk teraman untuk anak adalah carseat. Dengan bentuk dan fiturnya yang sudah dibuat sedemikian rupa, carseat jadi pelindung utama anak ketika berada dalam mobil," ujar Anna Smith, seorang konsultan keselamatan berkendara.

Mulai sekarang, perhatikan lagi kebiasaan Anda saat membawa balita di mobil. Tempatkan dia di carseat dan pasang sabuk dengan benar. Jangan lagi memangku atau membiarkan balita duduk di kursi depan karena sangat berbahaya.

 

Topik Terkait :

Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik

Jangan Lewatkan