Ayah Juga Bisa Ikut Rasakan Kehamilan, Penyebabnya...

Terkadang pasangan yang mengalami hal ini bahkan tidak menyadarinya.

Mutia Nugraheni
| 16 Agustus 2018 18:10

Dream - Kehamilan memang membuat hubungan suami istri kian kompak. Bahkan pada beberapa pasangan kondisi kehamilan bukan hanya dialami istri tapi juga suami. Saat tahu istrinya mengandung, muncul sederet gejala yang mirip pada suami.

Gejala tersebut antara lain, kenaikan berat badan, pusing, mual, bahkan hilangnya nafsu makan. Kondisi ini merupakan gejala kehamilan simpatik atau dikenal dengan Couvade Syndrome.

Apa itu Couvade Syndrome?
Couvade berasal dari kata bahasa Prancis couvee yang berarti " menetas" . Umumnya, gejala kehamilan simpatik dimulai pada akhir trimester pertama dan semakin parah sampai trimester ketiga.

" Beberapa pria lebih rentan terhadap couvade daripada yang lain. Misalnya, jika Anda dan pasangan Anda mengalami masalah kesuburan atau butuh perjuangan untuk bisa hamil," ujar Robin Elise Weiss, seorang psikolog.

Terkadang pasangan yang mengalami hal ini bahkan tidak menyadarinya. Mereka menganggap itu hanya normal atau mereka berpikir bahwa itu tidak berhubungan dengan kehamilan sama sekali.

" Saat istri mual, suami ikut mengalami rasa mual. Begitu juga ketika istri ingin makan makanan tertentu. Mereka tampak seperti dua orang yang sedang hamil dan sangat kompak," kata Weiss.

Rasa empati yang begitu tinggi membuat suami juga merasakan apa yang dialami sang istri. Hal ini biasanya akan berlangsung hingga persalinan. Jadi, jika Anda para suami yang ikut mual saat istri sedang hamil, bersiaplah. Ada gejala-gejala kehamilan lain yang juga bakal Anda rasakan.

Sumber: Verywell

Jefri Nicol Pertama Kali Nembak Cewek

Jangan Lewatkan