Ayah Bunda, Ini Cara Merawat Anak yang Positif Covid-19

Lakukan hal-hal berikut jika anak isolasi mandiri di rumah.

Mutia Nugraheni
| 17 Juni 2021 12:05

Dream - Virus covid-19 sangat mudah menular, bahkan varian terbaru yaitu delta kemampuan penularannya jauh lebih cepat. Saat ini kondisi kasus covid-19 di Indonesia naik drastis imbas dari libur panjang lebaran dan mengendurnya penerapan protokol kesehatan.

Kluster keluarga dan kumpul-kumpul kerabat jadi sumber utama penularan. Bukan hanya orangtua saja yang tertular, tapi juga anak-anak. Anak cenderung bisa disiplin menjalani protokol kesehatan dan pada balita imunitasnya belum terbentuk sempurna sehingga cenderung lebih rentan tertular Covid-19.

Bagaimana jika ternyata ayah dan ibu ternyata negatif Covid dan anak positif? Tentunya muncul rasa panik dan bingung. Bila kondisinya tanpa gejala, atau gejala ringan, isolasi dan perawatan bisa dilakukan di rumah. Dikutip dari KlikDokter, berikut hal yang bisa dilakukan saat merawat anak positif Covid-19 di rumah

- Memakai masker saat berada di dalam rumah yang sama dengan anak positif COVID-19.
- Tidak menggunakan barang yang sama dengan anak positif virus corona.
- Rajin mencuci tangan dan membersihkan diri.
- Membatasi mobilitas di luar rumah. Anda diminta untuk tetap di dalam rumah sampai anak dinyatakan sembuh atau negatif. Hal ini berguna untuk mencegah penularan kepada orang lain.

Selain itu, dr. Devia Irine menyarankan agar kita turut melindungi anggota keluarga yang lain. Jangan sampai karena fokus merawat anak yang terinfeksi virus corona, kita malah melupakan kesehatan keluarga yang lain.

 

Selanjutnya :

Satu Orang Saja yang Merawat

Biaya Kremasi 80 Juta, Hotman Paris Colek Kapolri

Jangan Lewatkan