Asupan Penting untuk Meningkatkan Berat Badan Bayi

Ada beberapa asupan yang cukup efektif untuk meningkatkan berat badan bayi secara signifikan.

Mutia Nugraheni
| 30 Mei 2018 12:04

Dream - Salah satu indikator pertumbuhan dan perkembangan bayi terutama berusia di bawah satu tahun adalah berat badan dan tinggi. Untuk itu, setiap melakukan pemeriksaan rutin atau vaksin, berat badan bayi dan tingginya selalu diukur.

Perbandingan berat dan tinggi ini sebaiknya langsung dibandingkan dengan kurva pertumbuhan atau baby growth chart. Jika berat badan bayi di bawah standar usia dan jenis kelaminnya, dokter biasanya akan menyarankan untuk menambah asupan kaya protein dan lemak sehat.

Ada beberapa asupan yang cukup efektif untuk meningkatkan berat badan bayi secara signifikan. Apa saja?

- Pisang
Buah satu ini memang sangat disukai bayi. Teksturnya lembut, rasanya manis dan sangat kaya akan serat. Kalorinya juga cukup tinggi, sekitar 100 kalori dalam satu pisang. Bisa meningkatkan berat badan bayi tapi pastikan jangan memberikannya terlalu sering. Campur dengan makanan lain seperti oatmeal atau susu.

- Mentega/ santan
Bayi usia 7 bulan ke atas sudah bisa diberi santan atau makanan yang diolah dengan mentega. Kandungan lemak pada keduanya sangat tinggi. Cobalah lebih kreatif membuat masakan untuk si kecil dengan menggunakan santan dan mentega.

- Kentang
Selain nasi, si kecil juga bisa mendapatkan asupan karbohidrat dari kentang. Karbohidrat yang tinggi pada kentang juga bisa meningkatkan berat badan bayi. Anda juga bisa mengolah kentang sebagai camilan untuk bayi. Bisa dengan dikukus lalu ditaburi keju

- Protein hewani
Ayam, ikan, daging, tempe, tahu, sertakan asupan kaya protein pada makanan bayi. Bisa juga membuat menu yang mengandung double protein. Misalnya bubur nasi dengan kuah kaldu, dengan daging cincang dan potongan tahu. Asupan tinggi protein juga sangat efektif untuk meningkatkan berat badan si kecil.

Sumber: Momjunction

Viral, Selebgram Ini Marah Di bandara

Jangan Lewatkan