Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Asupan Penting Bagi Ibu Hamil yang Alami Diabetes

Asupan Penting Bagi Ibu Hamil yang Alami Diabetes Ibu Hamil Cek Level Gula Darah (Foto: Shutterstock)

Dream – Kondisi level gula darah yang tinggi saat hamil termasuk kehamilan berisiko. Untuk itu dibutuhkan perawatan intensif demi menstabilkan kadar gula serta menjaga ibu serta janin dalam kondisi baik hingga persalinan.

Masalah kesehatan pada ibu hamil tersebut dikenal dengan sebutan diabetes gestasional. Yaitu ketika level gula darah meningkat saat kehamilan dan biasanya hanya berlangsung hingga persalinan.

Berbeda dengan diabetes pada umumnya, diabetes gestasional terjadi ketika produksi insulin tidak mencukupi untuk mengontrol kadar glukosa tubuh pada saat kehamilan. Hal ini tentunya dapat membahayakan kesehatan ibu dan anak.

Oleh sebab itu, perlu dilakukan diet untuk mengontrol level gula darah. Menurut American Diabetes Association, seorang wanita yang menderita diabetes gestasional sebaiknya mengonsumsi makanan dengan kandungan 25 persen protein, 25 persen biji-bijian dan makanan bertepung, serta 50 persen sayuran.

Makanan yang penting dikonsumsi adalah daging tanpa lemak, putih telur, buah dengan glikemik rendah, sayuran hijau, serta makanan berlemak sehat.

Hindari konsumsi cepat saji, makanan yang digoreng, permen, dan soda. Termasuk nasi puth karena bisa meningkatkan gula darah secara drastis. Andrea Moore, seorang ahli gizi dan dokter terapi fisik memaparkan menu makanan yang bisa dicoba ibu hamil coba selama diet diabetes gestasional.

Untuk sarapan, bisa mengonsumsi tiga telur, alpukat, dan sosis organik. Sementara untuk menu makan siang adalah sayuran organik dengan sayur biasa, paha ayam, dan nasi merah. Bagi yang suka mengemil, jangan khawatir, ada baby carrot, brokoli keju, serta yogurt.

“Selain makanan, stres juga dapat meningkatkan gula darah. Jadi, jika diet terasa tidak efektif, mungkin saja faktornya karena stres,” kata Dr. Moore.

Ia juga mengungkapkan bahwa perlu juga untuk berkonsultasi ke dokter dan ahli gizi. Hal ini agar asupan gizi ibu yang mengalami diabetes gestasional tetap optimal.

Sumber: Parents

Laporan Dina Nazhifah

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP