ASI Ibu yang Positif Covid-19 Membentuk Antibodi Spesifik

Bukan tidak mungkin dikembangkan menjadi obat atau mungkin vaksin Covid-19.

Mutia Nugraheni
| 27 Mei 2020 12:03

Dream - Seluruh peneliti kesehatan di dunia, terutama dalam hal farmasi, vaksin, ahli virus, epidemiolog dan masih banyak lagi, sedang bekerja keras untuk membuat obat agar bisa memerang virus Covid-19. Hingga kini, virus tersebut tak memiliki obat khusus yag efektif dan vaksinnya belum ditemukan.

Salah satu penelitian dilakukan oleh ahli imunologi asal New York, Amerika Serikat, Rebecca Powell. Ia secara khusus meneliti air susu ibu (ASI) dari para ibu baik yang sehat maupun yang terpapar Covid-19.

Untuk melakukan studinya, ibu tiga anak ini (satu di antaranya masih menyusui) mengenakan topeng dan melakukan perjalanan di New York City demi mengambil ASI.

Powell, yang merupakan asisten profesor kedokteran dan penyakit menular di Sekolah Kedokteran Mount Sinai, mengumpulkan sampel ASI dengan aman tanpa kontak untuk meneliti “ apakah ASI membantu melindungi bayi dari penyakit, dan apakah komponen susu dapat membantu mengarah ke perawatan coronavirus?"

Faktanya, ASI mengandung antibodi alami untuk membantu bayi melawan infeksi dan penyakit, tetapi bagaimana selama krisis kesehatan di seluruh dunia seperti ini? Bisakah ASI digunakan untuk perawatan Covid-19?

 

Selanjutnya :

Kedahsyatan Antibodi

Streaming Potret 2 Jam Tangan Pemberian Suami Maia Estianty Untuk Alwi

Jangan Lewatkan