Apakah Kaum Pria Punya Masa Subur? Cari Tahu Faktanya

Ada beberapa fakta yang mungkin tak diketahui banyak orang soal kesuburan pria.

Mutia Nugraheni
| 2 Maret 2021 16:05

Dream - Perempuan memiliki masa subur di mana momen tersebut sangat dianjurkan untuk berhubungan intim, demi mendapat keturunan. Masa subur ini sangat dinanti oleh pasangan yang sedang menantikan kehamilan.

Lalu bagaimana dengan pria? Dikutip dari KlikDokter, pria tidak memiliki siklus kesuburan, karena sperma dihasilkan setiap waktu. Berkebalikan dengan wanita yang tidak mampu menambah jumlah sel telur yang dimiliki, sel sperma terus diproduksi oleh testis setiap harinya.

Jumlah produksi setiap harinya mencapai 100-200 juta sperma. Hanya saja, ada masa-masa tertentu ketika kualitas sperma lebih baik dibandingkan waktu-waktu lainnya. Sebuah studi menyebut bahwa siklus kesuburan pria berkaitan dengan musim dan waktu.

Saat musim dingin dan pagi hari diketahui sebagai waktu tersubur bagi pria karena produksi sperma yang lebih berkualitas. Beberapa teori dapat menjelaskan hasil studi tersebut. Kualitas sperma yang lebih baik pada pagi hari kemungkinan terkait dengan tingginya kadar hormon testosteron pada waktu tersebut.

 

Selanjutnya :

Usia 40 Tahun ke Atas

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa

Jangan Lewatkan