Anjuran Dokter Saat Merawat Luka Operasi Caesar di Rumah

Selama 48 jam setelah operasi memang tidak dianjurkan mandi, karena...

Mutia
| 11 Mei 2018 10:05

Dream - Persalinan dengan prosedur operasi caesar tentunya dilakukan dengan pertimbangan medis yang sangat matang oleh dokter. Pasalnya operasi ini termasuk operasi besar dengan sederet risiko yang akan dihadapi pasien.

Salah satunya risiko infeksi dan bengkak pada luka bekas operasi. Dokter Priscilla, spesialis bedah plastik, mengungkap langkah-langkah penting untuk dilakukan di rumah dalam merawat luka operasi caesar.

Menurutnya selalu ikut anjuran dan instruksi dokter kandungan, karena mereka yang tahu kondisi detail pasien. Selama 48 jam setelah operasi memang tidak dianjurkan mandi, karena khawatir luka sayatan operasi terkena air meskipun telah ditutup.

" Pada umumnya tidak dianjurkan untuk mandi (dengan shower atau pun air mandi dari bak mandi) selama 24-48 jam setelah operasi, atau dokter akan memberi instruksi untuk menghindari balutan penutup luka operasi anda terkena air secara langsung," ungkap dr. Priscilla.

Setelah pulang ke rumah, pasien diperbolehkan untuk mandi dengan shower dengan catatan dapat menjaga luka operasi tetap kering. Namun tetap tidak diperbolehkan untuk berendam dalam bathub atau pun berenang hingga luka menutup sempurna umumnya setelah 3 minggu pasca operasi.

Apabila balutan penutup luka basah, kotor, atau tampak rembesan dari dalam luka, segera ganti. Bisa menghubungi dokter atau ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mengganti balutan luka atau atas seizin dokterdapat mengganti balutan sendiri di rumah.

Berikut panduan apabila hendak mengganti balutan sendiri di rumah. Pastikan segala bahan tersedia sebelum Anda mulai merawat luka operasi:
- Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun
- Gunakan sarung tangan bila menolong orang lain
- Lepas balutan lama
- Ganti sarung tangan steril
- Bersihkan dengan kasa steril, larutan garam fisiologis lalu keringkan
- Oleskan salep antibiotik
- Tutup dengan balutan tahan air atau tutup dengan kasa dan plester
- Segera hubungi dokter bila mengalami gejala seperti nyeri pada luka atau di sekitar luka bertambah, demam, luka memerah, bengkak dan teraba hangat, berbau, gatal atau muncul jerawat di sekitar luka

Saat luka belum kering, hindari mengangkat benda berat. Jangan menekan luka bekas operasi karena dapat menyebabkan luka operasi terbuka kembali. Selengkapnya baca di sini.

Sumber: Ivansini.com

Penyebab Meninggalnya Adara Taista, Menantu Hatta Rajasa

Jangan Lewatkan