Anak Sekolah Online, Lakukan Ini Agar Matanya Tak Bermasalah

Mereka menjalani sekolah online, dan menatap layar laptop, PC atau tablet dalam waktu lama.

Mutia Nugraheni
| 28 Juli 2021 10:03

Dream – Pandemi covid-19 membuat semua kegiatan harus berjalan secara daring, tidak terkecuali dengan anak-anak. Mereka menjalani sekolah online, dan menatap layar laptop, PC atau tablet dalam waktu lama.

Belum lagi, anak-anak tak bisa keluar rumah dan bermain karena pandemi. Akhirnya mereka juga bermain gadget. Hal ini membuat anak-anak sangat berisiko mengalami masalah mata.

Mulai dari yang ringan seperti kering dan tegang karena terlalu lama menatap layar. Dalam jangka waktu panjang, anak-anak juga bisa mengalami minus atau rabun jauh.

Dikutip dari www.nichq.org, pada Mei 2020 lalu, durasi anak berusia 4-15 tahun menatap layar monitor, meningkat dua kali lipat. Untuk itu perlu peran orangtua agar durasi anak menatap layar jadi lebih terkontrol dan tak mengancam kesehatan matanya.

Apa saja yang bisa dilakukan?

1. Terapkan Aturan 30 x 30 x 30
Setiap 30 menit, alihkan pandangan dari layar selama 30 detik dan berikan jarak sejauh 30 kaki. Teknik ini membantu menjaga mata tetap lembap dan mengatur ulang sistem fokus anak. Orangtua dapat mempraktikkan aturan ini dengan menyetel timer atau mengaktifkan pengaturan untuk mematikan layar setiap 30 menit sekali. Hal ini dapat membuat kelopak mata lebih rileks dan menjaga mata tetap bersih.

 

Selanjutnya :

Cahaya dan Kebersihan Mata

Begini Bentuk Jersey Club Bola Milik Raffi Ahmad Di Desain Khusus Ivan Gunawan

Jangan Lewatkan