Anak Positif Covid-19 Tanpa Gejala, Sediakan Hal Ini Saat Isolasi Mandiri

Pantau terus kondisi anak dan lakukan telemedicine.

Mutia Nugraheni
| 1 Agustus 2021 10:39

Dream - Covid-19 varian delta diketahui sangat mudah menular. Bukan hanya pada orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Pada anak, banyak kasus yang tanpa gejala.

Tak ada demam, batuk maupun anosmia, tetapi saat dilakukan tes PCR hasilnya positif. Kondisi ini membuat anak juga tetap harus menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah. Lalu pada anak yang bergejala ringan dan tak memiliki penyakit bawaan, juga dianjurkan untuk melakukan isoman.

Lalu vitamin, obat dan perlengkapan kesehatan apa saja yang harus disiapkan jika anak harus isoman di rumah? Profesor Aman Pulungan, Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberikan penjelasan.

" Yang kita rekomen, ini untuk yang di rumah ya, pertama vitamin D, vitamin C, Zinc, tiga ini aja, yang ada rekomendasi saintifiknya. Siapkan juga obat panas di rumah tentunya dan oximetry," kata Profesor Aman dalam akun Instagram IDAI.

Ia juga mengingatkan para orangtua agar tetap melakukan konsultasi dengan dokter. Lakukan telemedicine via aplikasi atau jika memungkinkan melakukan video call dengan dokter anak.

 

Selanjutnya :

Pantau Suhu dan Keluhan yang Muncul

Vaksin Yang Harus Didapat Si Kecil

Jangan Lewatkan