Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Anak Nirina Zubir Sempat Alami Kelainan Darah

Anak Nirina Zubir Sempat Alami Kelainan Darah © MEN

Dream - Anak sulung pasangan Nirina Zubir dan Ernest Sjarif memiliki pengalaman tak biasa sewaktu kecil. Zivara Ruciragati Sjarif mengidap kelainan golongan darah ketika dilahirkan.

Ia mengalami ketidakcocokan darah AB dan O yang dimiliki oleh orang tuanya dan harus menerima transfusi darah di usia 3 hari. Bahkan ketika pulang dari rumah sakit, putri kecil itu masih belum lepas dari bahaya.

"Anak aku yang pertama ada ketidakcocokan golongan darah. Itu sejak baru lahir dan ketika sampai rumah, dia tidak boleh terekspose karbol, obat nyamuk dan segala jenis minyak-minyakan," ungkap Nirina di peluncuran Johnson's Cotton Touch, Jakarta, Kamis 1 Agustus 2019.

Pengawasan Ketat

Sejak itu Nirina dan Ernest terpaksa mengawasi Zivara dengan ketat. Pasalnya, kondisi tersebut menyebabkan kulit Zivara ruam seketika jika terpapar zat yang memicu alergi.

Hal itu membuat Nirina harus lebih selektif dalam memilih rangkaian skincare anak. Untuk mencegah alergi, wanita 39 tahun itu hanya mengandalkan rutinitas mandi dan memakai pelembap khusus anak.

"Dari kecil sudah terbiasa melakukan hal yang penting aja, kayak mandi sama memakai pelembap. Itu juga mesti disortir banget produknya," ujar pemain film 'Heart'.

Nirina Sempat Trauma

Pengalaman itu sempat membuat Nirina trauma ketika mengandung anak kedua. Wanita kelahiran Madagaskar itu mengaku takut jika sampai buah hatinya mengidap kondisi yang sama.

"Akunya yang trauma karena anak pertama punya ketidakcocokan. Belum apa-apa dokter sudah bilang mungkin anak kedua bakal kayak gitu juga," tuturnya.

Meski begitu, ia berhasil melahirkan seorang putra bernama Elzo Jaydn Anvaya pada 12 Juni 2012 dalam keadaan sehat. Kondisi Zivara juga berangsur-angsur membaik.

"Dulu waktu kecil tidak boleh terekspose sama sekali karen pertumbuhan selnya belum komplit tapi alhamdulillah sekarang ngga terlalu sih. Anaknya juga aktif olahraga," pungkas presenter itu.

Trik Nirina Zubir Ajarkan Kebersihan Pada Anak Lelakinya

Dream - Anak- laki-laki biasanya tak terlalu perhatian dengan penampilan dan kebersihan. Kadang malah sampai membuat orangtua geleng-geleng kepala karena terlalu tak peduli dengan kebersihan.

Nirina Zubir, presenter dan aktris yang memiliki satu anak lelaki, punya trik khusus mengajarkan kebersihan pada putranya. Ia menekankan kalau penampilan yang rapi dan bersih akan sangat mempengaruhi kepercayaan diri sang anak.

"Saya ajarkan ke anak saya yang kedua kalau laki-laki itu harus bersih, wangi dan sopan sama siapa aja. You don't choose your friend tapi take care of yourself," ujar ibu dua anak ini di Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

Hadiah Jika Merawat Diri

Sang anak pun kini rajin merawat gigi dan bahkan tidak takut saat mencabut gigi. "Mereka nggak ada takut-takutnya. Yang cowok udah copot 2 giginya. Awalnya nggak takut, tapi begitu duduk akhirnya takut juga. Berarti dia nggak takut sama dokter gigi," ungkapnya.

Selain memberikan informasi dan menemani sang anak, pemain Keluarga Cemara ini juga memberikan hadiah jika sang anak menjaga kebersihan dan merawat dirinya dengan baik. Pasalnya kebersihan dan kerapian akan sangat mempengaruhi kepercayaan diri anak.

"Bertahap sih, awalnya dikasih es krim supaya mendinginkan gusi. Lalu dikasih hadiah. Tapi memang momentum aja. Yang penting mereka percaya diri dan comfortable," kata Nirina.

Atasi Batuk Berdahak Pada Si Kecil, Nirina Punya Trik Khusus

Dream - Batuk menjadi masalah paling umum yang dialami anak-anak. Bingung dan panik rasanya ketika melihat si kecil terbatuk-batuk. Apalagi jika napasnya menjadi sesak dan muncul banyak dahak.

Hal itu juga dirasakan oleh aktris dan presenter Nirina Zubir. Belum lama ini, buah hatinya mengalami batuk berdahak dan demam tinggi.

"Kemarin sempet deg-degan. Namanya juga pancaroba, menular dari adeknya kemudian dia lemes segala macem terud kakaknya ikutan. Badan panas sampai 39,2 derajat," tuturnya usai diskusi media bersama Bisolvon di Jakarta, Selasa 19 Februari 2019.

Meski begitu, Nirina tidak terburu-buru membawanya ke rumah sakit. Pemain film 'Keluarga Cemara' itu punya cara sendiri untuk mengatasi batuk pada anak.

"Sebenarnya ada beberapa penanganan. Di awal coba pakai obat tradisional dulu. Tapi ada time limit. Sampai 3 hari ga membaik, kita coba pakai obat. Kalau makin parah, mulai bawa ke dokter," ujar istri dari Ernest ini.

Agar dahak lebih cepat keluar, Nirina mengajarkan anak-anaknya untuk rajin meminum air putih. Ia juga membatasi konsumsi camilan ketika sedang sakit.

"Anak-anak udah pada tahu kalau lagi batuk, mulai gak enak badan, ketika ditawarin makanan manis sama neneknya mereka gak mau," katanya.

Upaya Nirina tak berhenti sampai situ. Demi menjaga daya tahan si kecil, ia juga memberikan vitamin tambahan.

"Sayur sama buah selalu dibanyakin. Yang pasti pola makan yang benar, minum air dan istirahat cukup," imbuhnya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Wanita Ikut Tren Kirim Kuesioner Tentang Anak ke Orangtua, Jawaban Sang Ayah Bikin Banjir Air Mata

Wanita Ikut Tren Kirim Kuesioner Tentang Anak ke Orangtua, Jawaban Sang Ayah Bikin Banjir Air Mata

Sang ayah menyebut bahwa rasa sayang kepada anaknya tidak terukur.

Baca Selengkapnya
Komika Nopek Novian Umumkan Kelahiran Anak Pertama, Wajah Bayinya Bikin Penasaran

Komika Nopek Novian Umumkan Kelahiran Anak Pertama, Wajah Bayinya Bikin Penasaran

Nopek Novian mengumumkan kabar kelahiran anak pertamanya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Siap Dipinang Anak Bos Batu Bara, Intip Sumber Pabrik Duit Putri DA yang Tak Kalah Fantastis!

Siap Dipinang Anak Bos Batu Bara, Intip Sumber Pabrik Duit Putri DA yang Tak Kalah Fantastis!

Di usianya yang cukup muda, Putri bahkan bisa memiliki sejumlah aset mewah

Baca Selengkapnya
Momen Haru Anak Kecil Tiba-tiba Minta Gendong Karyawati Toko Sebelum Memeluknya dengan Erat, Kisah di Baliknya Bikin Mewek

Momen Haru Anak Kecil Tiba-tiba Minta Gendong Karyawati Toko Sebelum Memeluknya dengan Erat, Kisah di Baliknya Bikin Mewek

Gadis mungil itu seolah-olah melepaskan rindu kepada ibunya, dan tak mau lepas dari gendongan Siti.

Baca Selengkapnya
3 Kelainan yang Sebabkan Anak Suka Jatuh Saat Berjalan

3 Kelainan yang Sebabkan Anak Suka Jatuh Saat Berjalan

Pada kasus tertentu ternyata adanya kelainan yang membutuhkan terapi dan intervensi medis.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Ketika Lagi Sibuk Kerja Malah Diganggu

NOTED KAK! Ketika Lagi Sibuk Kerja Malah Diganggu

Sahabat Dream, Kalian suka sebal gak diganggu rekan kerja padahal lagi sibuk-sibuknya? Kalau kalian di posisi itu mau bereaksi apa?

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Rekomendasi Sarapan

BUNGKUS! Rekomendasi Sarapan

Sahabat dream, buat kalian yang bosan sarapan dengan menu yang sama, mah kalian bisa banget ikuti rekomendasi Dream. Kalau kalian ada rekomendasi apa?

Baca Selengkapnya