Anak Lebih Menghargai Makanan, Terapkan 3 Cara Ini

Anak-anak juga perlu diajarkan untuk menghargai makanan. Makan apa yang disediakan di rumah.

Mutia Nugraheni
| 11 Februari 2017 18:00

Dream - Makanan selalu ada di meja makan atau dapur. Anak-anak bisa mengambilnya kapanpun. Ketika mereka tak suka, wajahnya langsung merengut. Tak mau makan dan ingin membeli makanan lain yang diinginkannya.

Anak-anak juga perlu diajarkan untuk menghargai makanan. Makan apa yang disediakan di rumah. Bukan mencari-cari yang tidak ada. Dengan menghargai makanan sebenarnya mereka
juga menghargai orang lain yang sudah menyiapkannya. Apa yang bisa dilakukan agar si kecil tak pilih-pilih makanan dan makan makanan yang disediakan?

Ajak anak belanja dan memasak
Mengajak anak ke pasar belanja sayur, lauk dan buah sangat baik dilakukan. Anda bisa melakukannya saat akhir pekan. Luangkan waktu untuk ke pasar lebih lama dan ajak si kecil. Ajak untuk membeli bumbu, beras, sayur, serta bahan lain. Lalu masaklah bersama hingga hidangan matang tersaji di meja. Dengan begitu ia tahu, proses untuk bisa ada makanan di meja merupakan proses panjang.

Bersyukur dan berdoa sebelum makan
Berdoa sebelum makan dan mengucap syukur sangat disarankan untuk dilakukan setiap makan. Jadilah contoh yang baik. Dengan mengucap syukur ini, anak akan lebih menghargai makanan yang ada di meja.

Kurangi distraksi
Jangan biasakan anak-anak di rumah makan sambil melakukan kegiatan lain. Seperti nonton televisi, ponsel atau games. Biarkan anak fokus dengan makanannya, engunyah dengan menikmati tiap gigitan. Cara ini juga membuat mereka puas dan lebih kenyang dengan makanannya.


Sumber: Purewow

 

Topik Terkait :

Perjuangan Ria Irawan, Pantang Menyerah Lawan Kanker

Jangan Lewatkan