Anak Kartika Putri Harus Disinar karena Kuning, Ketahui Penyebabnya

Bayi berusia 10 harus harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Mutia Nugraheni
| 28 Oktober 2019 14:04

Dream - Kehadiran Khalisa, di rumah tangga Kartika Putri dan Habib Usman Yahya, tentunya memunculkan kebahagiaan. Kartika melahirkan putri pertamanya secara normal di rumah, dengan hanya didampingi bidan.

Dilahirkan pada 18 Oktober lalu, kini Khalisa harus dirawat di rumah sakit. Pasalnya, bayi berusia 10 hari itu mengalami jaundice atau kuning. Tingkat bilirubin pada darahnya mencapai 17, padahal dalam kondisi normal seharusnya 12.

 Khalisa

" Aku bingung, pastinya nyalahin diri sendiri. Apa pas hamil kurang vitamin atau apa, udah usaha semaksimal mungkin pas hamil," kata Kartika Putri di RSIA Brawijaya, Jakarta Selatan, Minggu, 27 Oktober 2019.

Bayinya kerap menangis. Saat diberi ASI pun Khalisa tampak tak bersemangat. Untuk mengatasi masalah tersebut, dokter menyarankan fototerapi. Akhirnya, Khalisa kini dirawat di rumah sakit untuk disinar atau menjalani fototerapi.

Apa itu Jaundice?

Penyakit kuning atau jaundice, seperti dikutip dari Alodokter, umumnya terjadi karena kadar bilirubin dalam darah bayi terlalu tinggi. Meski tidak berbahaya, namun jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan otak. Untuk itu, penting bagi ibu untuk mengetahui gejalanya.

Selanjutnya :

Gejala Jaundice

Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya

Jangan Lewatkan