Anak ADHD Sebaiknya Tak Banyak Mengonsumsi Makanan Ini

Anak ADHD ini cenderung hiperaktif, impulsif, serta susah memusatkan perhatian.

Mutia Nugraheni
| 16 Februari 2017 16:00

Dream - Anak-anak dengan masalah ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) bukan hanya membutuhkan perawatan dan terapi khusus. Dalam hal menu makanan, ternyata ada beberapa makanan sebaiknya dihindari atau dikurangi.

Pada beberapa penelitian terungkap, pengaturan menu untuk anak ADHD bisa mengurangi risiko munculnya gejala. Anak ADHD ini biasanya cenderung hiperaktif, impulsif, serta susah memusatkan perhatian. Lalu apa saja makanan yang sebaiknya dihindari?

Makanan dengan pengawet
Makanan dan minuman kemasan yang mengandung pengawet, zat gurih, serta pewarna sebaiknya dihindari. Menurut penelitian, makanan-makanan tersebut bisa meningkatkan sensitivitas anak-anak ADHD.

" Sebaiknya memang makanan berpengawet, makanan beku tak diberikan pada anak dengan ADHD. Jika memang terpaksa diberikan, coba seimbangkan dengan menu lain yang dibuat dari bahan segar alami," kata Margaret Burke, seorang pakar gizi, seperti dikutip dari Very Well.

Permen
Makanan dengan kadar gula tinggi seperti permen akan membuat level gula dalam darah meningkat dengan cepat. Dalam hal ini akan membuat anak jadi lebih berenergi dan cenderung sangat aktif hingga berlebihan dan sulit berkonsentrasi. Sebaiknya jangan terlalu sering memberikan permen atau pilih permen yang terbuat pemanis alami.

Cokelat
" Produk cokelat cenderung menggunakan kafein dan bahan pengawet yang cukup banyak. Bahan tersebut juga membuat anak dengan ADHD sulit fokus. Jika ingin memberikan pastikan porsinya tak terlalu banyak dan tidak setiap hari. Jangan juga diberikan ketika anak harus masuk kelas," ujar Burke.

 

BERANI BERUBAH: Pulang Kampung Jadi Juragan Sapi - Berani Berubah

Jangan Lewatkan