Alasan Perawatan Kulit Bayi Butuh Perhatian Khusus

Jangan sampai kulitnya bermasalah dan membuat rewel.

Shania Suha Marwan
| 22 Januari 2021 14:04

Dream - Kulit bayi yang bermasalah tentunya akan memunculkan kekhawatiran. Kemerahan, gatal, iritasi kerap kali muncul pada kulit bayi dan kadang disertai rewel. Kulit bayi memang sangat sensitif dan butuh perlakuan khusus.

Menurut dr. Armansjah Dara, dalam acara Momami Baby Care secara virtual pada 21 Januari 2021 kemarin, bayi sering mengalami ruam popok, dermatitis atopic, dermatitis seboroik, pyoderma, keratosis piliaris hingga skabies.

" Hal itu lumrah terjadi dan dapat diatasi dengan menjaga kebersihan bayi serta memberikan produk yang tepat yang menggunakan kandungan alami. Dibandingkan dengan kulit orang dewasa, kulit bayi memang cenderung tipis," kata dr Armansjah.

Kondisi kulit yang tipis itulah menyebabkan kulit bayi lebih mudah mengeluarkan penguapan cairan dalam tubuh, sehingga mudah kering dan iritasi. Kulit memiliki berbagai macam fungsi salah satunya merupakan pertahanan atau pelindung dari suhu udara maupun dari benda yang tersentuh ke tubuh kita.

" Karena kulit bayi belum tumbuh dengan sempurna, maka kecenderungan terjadi iritasi dan sensitif memang lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa," ungkap dr Armansjah.

Sebagai langkah pencegahan, para ibu bisa memberikan perlindungan berlapis. Gunakan produk untuk kulit bayi yang memang terbukti secara ilmiah aman. Perhatikan juga reaksi yang muncul saat menggunakannya. Bila ada kemerahan atau iritasi, mungkin si kecil tak cocok menggunakan produk tersebut.

 Momami

Salah satu yang produk perawatan bayi yang bisa jadi pilihan yaitu Momami, ada Happy Wash Hair, Bubbly Body Wash, Softie Top to Toe Wash, dan Silky Liquid Talc. Produk ini diklaim telah diuji secara dermatologis, hypoallergenic dan non-iritasi.

" Setelah meluncurkan produk pertama kami di tahun 2019, Momami merasa perlu menambahkan rangkaian produknya untuk bayi dan anak. Rangkaian Baby Care yang terbuat dari bahan alami yang sudah diuji secara klinis, hypoallergenic dan bersertifikasi halal, sehingga para orang tua tidak perlu khawatir," ujar Lina Paulina, Vice President Momami.

Selanjutnya :

Kondisi Gatal Pada Kulit Anak yang Tak Boleh Disepelekan

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa

Jangan Lewatkan