Alasan Hepatitis Akut yang Menyerang Anak Disebut Misterius

Bisa menyebabkan meninggal dunia, bahkan beberapa pasien yang bisa bertahan di Inggris hingga membutuhkan cangkok/ transplantasi hati.

Mutia Nugraheni
| 6 Mei 2022 16:12

Dream - Merebaknya kasus hepatitis pada anak-anak yang menyebabkan tiga orang anak meninggal di Indonesia pastinya memicu kekhawatiran orangtua. Kasus ini awalnya terdeteksi di Amerika dan Inggris dan membuat pasiennya harus sampai melakukan transplantasi hati.

Hingga saat ini virus yang menyebabkannya disebut misterius. Hal ini karena belum diketahui secara pasti jenis virus tersebut. Profesor Zubairi Djoerban, dokter spesialis penyakit dalam, mengungkap dalam akun Instagram resminya @profesorzubairi, alasan virus ini disebut misterius.

Menurutnya, hepatitis ini bukan disebabkan oleh virus hepatitis yang sebelumnya diketahui yaitu virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Dampaknya juga begitu fatal.

Bisa menyebabkan meninggal dunia, bahkan beberapa pasien yang bisa bertahan di Inggris hingga membutuhkan cangkok/ transplantasi hati. Hingga saat ini peneliti masih mencari tahu detail dan karakteristik virus pemicunya.

" Diduga Adenovirus 42 yang sebelumnya tak pernah merusak liver kecuali imunitas buruk. Menyerang anak-anak yang notabene imunitasnya bagus," tulis Profesor Zubairi.

 

Selanjutnya :

Tak Ada Demam

Viral Aksi Zinidin Zidan Parodikan Lantunan Suara Adzan

Jangan Lewatkan