Ajarkan Si Kecil Rutin Berkumur Demi Cegah Gigi Berlubang

Terutama setelah memakan makanan manis.

Mutia Nugraheni
| 29 November 2018 16:10

Dream - Masalah mulut sering kali ditemui pada anak-anak, terutama lubang pada gigi. Anak yang mengalami gigi berlubang bisa sangat tersiksa karena kesakitan. Ia jadi mudah rewel dan untuk mereka yang sudah sekolah bisa mengurangi konsentrasi saat belajar.

Makanan manis jadi pemicu utama lubang pada gigi anak. Demi mencegahnya, sebenarnya sangat mudah. Bukan melarangnya makan makanan manis, tapi biasakan si kecil segera berkumur dengan air.

" Makanan yang manis dan lengket merupakan salah satu faktor yang dapat membuat gigi berlubang. Biasanya setelah memakan makanan manis dan lengket lalu tidak dibersihkan maka gigi bisa menjadi berlubang," kata drg. Fanny Anduari, Kamis 29 November 2018.

Setelah memakan makanan manis jika didiamkan dan tidak dibersihkan kuman akan muncul dalam 72 jam dan akan menempel. Segera berkumur akan mencegah kuman perusak gigi berkembang biak dan menyingkirkan makanan yang lengket di gigi.

" Kuman yang menempel diatas permukaan gigi akan mengahasilkan plak. Plak sendiri mengandum asam yang bisa melarutkam email yang ada pada gigi dan akhirnya akan membuat gigi berlubang," ungkap Fanny.

Tak hanya berkumur, pastikan juga buah hati menyikat gigi sebelum tidur dan pada pagi hari. Satu lagi yang juga penting dilakukan adalah menyikat lidah.

" Harus menyikat lidah, jika lidah tidak disikat maka kuman akan menumpuk pada lidah," ujar Fanny.

Salah satu obat kumur yang bisa digunakan untuk anak dan orangtua adalah Thieves Fresh. Obat kumur ini merupakan keluaran terbaru dari Young living adalah perusahaan yang memproduksi essential oil.

" Produk ini dibuat dengan formula yang sedemikian rupa. Natural dan organik. Tidak mengandung bahan-bahan yang membahayakan," ujar Roslina Situmeang, Marketing Manager Young Living Indonesia.

Terdapat kandungan alami yaitu peppermint, spearmint, dan juga cinnamin bark. " Produk juga tidak mengandung pemanis buatan dan tanpa bahan pengawet," ungkap Roslina.

 

Laporan Ava Haprin

Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 2 - Ngebet Viral

Jangan Lewatkan