Ahli Gizi Peringatkan Ibu Hamil, Hindari Konsumsi Makanan Kaya MSG

Bisa berdampak pada tumbuh kembang janin.

Mutia Nugraheni
| 19 Mei 2021 16:02

Dream - Kehamilan membuat tubuh mengalami banyak perubahan, baik emosional, fisik, dan hormonal. Apapun kondisinya, pastikan ibu hamil memperhatikan asupan nutrisi setiap hari.

Hal tersebut sangat berdampak pada tumbuh kembang janin dalam kandung. Saat hamil mungkin Sahabat Dream tergoda untuk mengonsumsi makanan gurih yang kaya monosodium glutamat (MSG).

Monosodium glutamat adalah zat tambahan dan penyedap makanan yang digunakan terutama dalam berbagai masakan. MSG juga merupakan komponen umum dalam banyak kemasan, terutama makanan kaleng siap saji dan digunakan untuk menambah rasa.

Nupur Agarwal, seorang ahli gizi, mengungkap ada dampak buruk jika ibu hamil mengonsumsi makanan kaya MSG secara berlebihan. Apa saja?

1. Reaksi alergi
Sebaiknya hindari konsumsi makanan kaya MSG selama kehamilan. MSG bisa memicu alergi dan efeknya dapat berlipat ganda. MSG diketahui menyebabkan reaksi jenis alergi tertentu dengan gejala berkeringat dan kemerahan, sakit kepala, mati rasa dan otot kencang, termasuk mual dan nyeri dada.

 

Selanjutnya :

Mengalir Melalui Plasenta

BERANI BERUBAH: Bunga Rezeki dari Rak Bunga - Berani Berubah

Jangan Lewatkan