Adakah Patokan Usia Anak Harus Lepas Popok? Yuk Cari Tahu

Popok sekali pakai memang cukup praktis tapi jangan sampai anak tak dilatih ke toilet.

Mutia Nugraheni
| 22 September 2021 10:08

Dream - Kemampuan untuk mengetahui hasrat buang air besar dan kecil merupakan hal yang sangat sulit bagi anak di bawah usia lima tahun. Mereka harus dilatih dan dibiasakan untuk bisa mengenalinya lalu ke toilet.

Tentunya ini bukan proses yang mudah. Popok sekali pakai jadi andalan para orangtua untuk dikenakan anak yang masih bisa belum ke toilet. Cukup praktis memang tapi jangan sampai anak tak dilatih ke toilet.

Jika terlalu lama menggunakan popok sekali pakai, anak bakal tak biasa mengenali hasrat buang air. Si kecil pun tak kunjung lepas dari popok. Lalu kapan sebaiknya anak tak lagi pakai popok?

Dikutip dari Klikdokter.com menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes, kesiapan anak memegang peran penting terkait waktu yang tepat untuk berhenti menggunakan popok. Tidak hanya itu, peran orangtua juga diperlukan dalam melatih kesiapan anak tersebut.

“ Sebenarnya, batasan (pakai popok untuk anak) bukanlah usia. Akan tetapi, melihat tanda-tanda kesiapan anak. Misalnya, anak sudah bisa komunikasi dengan baik jika mau buang air atau mulai tertarik dengan toilet,” ujar dr. Sara.

 

Selanjutnya :

Tanda Anak Siap Lepas Popok

7 Sumber Kekayaan Rachel Vennya, Tarif Endorse Jadi Sorotan!

Jangan Lewatkan