Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ada Test Pack Digital dan Non Digital, Sudah Tahu Cara Pakainya?

Ada Test Pack Digital dan Non Digital, Sudah Tahu Cara Pakainya? Test Pack/ Shutterstock

Dream - Setelah sel telur yang dibuahi tertanaman di lapisan rahim, maka tubuh akan memproduksi hormon kehamilan yang dikenal sebagai human chorionic gonadotropin (hCG). Alat tes kehamilan atau test pack yang bisa dibeli di pasaran bekerja dengan mendeteksi jumlah jejak hCG dalam urine ibu.

Harganya relatif murah. Variannya pun sangat beragam. Ada yang digital dan non digital. Harga test pack digital cenderung lebih mahal. Ada pula yang berupa strip dan harganya lebih terjangkau. Apa bedanya?

Tes Kehamilan Non-Digital
Bentuknya ada yang berupa stik atau strip. Untuk menggunakan yang bentuk stik, cukup buang air kecil di atas stik. Sementara untuk alat yang stik, urine ditapung dulu, baru kemudian alat dicelupkan selama beberapa detik. Hasilnya akan muncul berupa garis satu (negatif) atau garis dua (positif).

Alat ini dilapisi dengan bahan kimia yang akan mengikat ke hCG jika ada. Bergantung pada tes spesifik, hasil positif biasanya ditunjukkan dengan tanda tambah, garis samar, atau perubahan warna. Jika molekul tidak terikat dengan hCG apa pun, maka hasilnya negatif.

Tes Kehamilan Digital
Tes digital terlihat seperti instrumen berbentuk pena dan mengandalkan metode yang disebut "rapid assay delivery" yang mungkin memberikan hasil hanya dalam tiga menit. Metode ini menggabungkan proses biokimia dengan antibodi yang mendeteksi hCG.

Dengan tes digital, tidak perlu menebak-nebak atau bertanya-tanya. Apakah itu garis? atau Apakah itu warna? Tes digital di rumah hanya akan mengatakan "hamil" atau "tidak hamil".

 

Lakukan Dua Kali

"Apa pun jenis tes kehamilan yang dipilih, waktu adalah kunci untuk mendapatkan hasil yang akurat. Setelah pembuahan, hCG perlu beberapa saat untuk terbentuk di tubuh. Kadang-kadang hCG mencapai tingkat yang dapat dideteksi sebelum melewatkan menstruasi — tetapi terkadang tidak," kata Daniel Roshan, dokter spesialis kandungan di Rosh Maternal-Fetal Medicine, New York, dikutip dari Parents.

Kadar hCG berlipat ganda setiap 48 hingga 72 jam. Melakukan tes kehamilan setelah lewan tanggal menstruasi akan memberi kemungkinan akurasi yang lebih besar. Untuk mereka yang menstruasi tidak teratur, aturan praktis yang baik adalah menunggu tiga minggu setelah berhubungan seks.

Sebagian besar produsen merekomendasikan agar tes kehamilan di rumah dilakukan dua kali, karena hasilnya mungkin berbeda jika melakukan tes terlalu cepat. Dalam beberapa kasus, jika level hCG terlalu rendah untuk ditangkap sejak dini, hasilnya bisa jadi negatif palsu.

Punya pertanyaan seputar kesuburan atau program kehamilan? Yuk langsung tanyakan ke ahlinya! Submit pertanyaan mu di program DreamTestPack di sini.

#DreamTestPack, Dokter Jelaskan Usia Perempuan di Puncak Kesuburan

Dream - Masalah kesuburan bagi perempuan yang merencanakan kehamilan kerap membuat khawatir. Salah satu yang sangat berpengaruh pada kesuburan adalah usia. Tak dipungkiri, semakin bertambahnya usia membuat level kesuburan perempuan menurun.

Bagi Sahabat Dream dan pasangan yang tengah menjalani program hamil, mungkin penasaran apakah usia saat ini sedang berada di puncak kesuburan atau tidak. Dokter Shanty Olivia Jasirwan, Sp.OG-KFER dari RS Pondok Indah IVF, dalam program #DreamTestPack memberikan penjelasan.

"Seorang perempuan memiliki potensi kesuburan paling tinggi pada usia 20an hingga awal 30 tahun, karena pada usia tersebut mereka memiliki kuantitas maupun kualitas sel telur yang terbaik selain itu, angka kehamilan yang berisiko juga paling rendah pada usia tersebut," ujar dr. Shanty.

Disarankan, bagi yang sedang berada di rentang usia tersebut, untuk melakukan hubungan seksual secara rutin. Pasangan suami istri juga sebaiknya memperbaiki gaya hidup dan memenuhi asupan nutrisi dengan baik agar kehamilan bisa terjadi.

Hal yang juga sangat penting adalah mengetahui masa subur. Berhubungan intim pada masa subur akan meningkatkan kemungkinan hamil lebih tinggi. Bagaimana cara menghitungnya?

"Cara menghitung masa subur yang paling simpel adalah, ketahui dulu siklus haid kita, teratur atau tidak. Jadi pola haidnya yaitu jarak antar hari pertama hai dan ke haid berikutnya yang terbilang normal adalah 24 sampai 38 hari," kata dr. Shanty.

 

Lihat penjelasan dr. Shanty selengkapnya

      View this post on Instagram

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid)

 Punya pertanyaan seputar kesuburan atau program kehamilan? Yuk langsung tanyakan ke ahlinya! Submit pertanyaan mu di program DreamTestPack di sini.

#DreamTestPack, Level Stres Pengaruhi Keberhasilan Program Hamil

Dream - Menjalani program hamil memang bukan hanya harus menyiapkan kondisi fisik tapi juga psikis. Salah satu hal yang menghambat keberhasilan program hamil adalah level stres yang tinggi.

Bukan hanya pada calon ibu tapi juga calon ayah. Tak dipungkiri tubuh dan pikiran saling mempengaruhi. Saat level stres tinggi bisa berdampakn buruk pada kesuburan dan menghambat kehamilan. Hal ini disampaikan oleh dr. Aida Riyanti, Sp.OG, KFER, M.RepSc dari RSPI IVF Center dalam program #DreamTestPack

"Dari beberapa penelitian yang melihat bagaimana hubungan stres dengan berhasilnya program kehamilan menunjukkan bahwa memang terdapat hubungan antara level stres dengan berhasilnya dengan program kehamilan," kata dr. Aida.

Penelitian yang dilakukan di Amerika menunjukkan bahwa jika enzim stres pada wanita cukup tinggi, dapat menunda terjadinya kehamilan sebanyak 30 persen. Hal ini jika dibandingkan dengan wanita dengan enzim stres yang rendah.

"Kita tahu saat stres hormon kortisol akan meningkat sehingga dapat mempengaruhi proses ovulasi yang dapat mempengaruhi sinyal dari otak ke indung telur," ungkap dr. Aida.

Lihat Penjelasan Lengkapnya

      View this post on Instagram

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Momen Kocak! Wanita Tunggu Kurir Ternyata yang Datang Mengantarkan Paket Sosok Tak Terduga, Langsung Ketawa Ngakak Berjamaah

Momen Kocak! Wanita Tunggu Kurir Ternyata yang Datang Mengantarkan Paket Sosok Tak Terduga, Langsung Ketawa Ngakak Berjamaah

Wanita ini tak berhenti ngakak saat menerima paket dari kurir tak terduga.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Pakai Gadget Seharian,  Lakukan 6 Langkah Agar Mata Selalu Sehat

Pakai Gadget Seharian, Lakukan 6 Langkah Agar Mata Selalu Sehat

Di era digital ini, penggunaan gadget telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Baca Selengkapnya
Punya Teman Jailnya Kebangetan, Cowok Ini Hampir Nangis Beli iPhone 13 Pro Tapi yang Datang Xiaomi Bekas

Punya Teman Jailnya Kebangetan, Cowok Ini Hampir Nangis Beli iPhone 13 Pro Tapi yang Datang Xiaomi Bekas

Dikerjain temen, pria ini hampir nangis saat buka paket belanjaan tak sesuai pesanannya.

Baca Selengkapnya
Kapan Quick Count Hasil Pemilu 2024 Dimulai? Berikut Penjelasannya

Kapan Quick Count Hasil Pemilu 2024 Dimulai? Berikut Penjelasannya

Quick count Pemilu 2024 akan dimulai 2 jam setelah pemungutan suara selesai di wilayah Indonesia bagian barat.

Baca Selengkapnya