Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

8 Manfaat Tea Tree Oil untuk Bayi, Bisa Redakan Luka Ringan

8 Manfaat Tea Tree Oil untuk Bayi, Bisa Redakan Luka Ringan Tea Tree Oil (Foto: Shutterstock)

Dream- Minyak pohon teh atau biasa disebut dengan Tea Tree Oil, merupakan minyak alami yang kerap dijadikan bahan utama produk perawatan kulit. Kandungan alaminya, dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kulit.

Manfaat tea tree oil tidak hanya bisa diperoleh orang dewasa saja, tapi juga bayi. Minyak alami ini cukup aman untuk kulit dan kesehatan bayi. Bisa juga menggantikan produk minyak bayi lainnya.

Di dalam tea tree oil, terkandung banyak kandungan obat alami. Bahkan, sejak zaman dulu, minyak alami yang bernama latin Melaleuca Alternifolia ini sudah digunakan untuk mengobati infeksi, sebagai pembersih luka dan meredakan rasa sakit.

Tea tree oil murni bisa digunakan untuk redakan masalah ringan pada kulit bayi. Tidak hanya mampu meningkatkan kesehatan kulit saja, tapi pemakaian tea tree oil juga punya manfaat lain, seperti di bawah ini.

Manfaat Tea Tree Oil untuk Menjaga Kesehatan Bayi

1. Mengandung Efek Antibakteri
Untuk urusan antibakteri dan infeksi, minyak alami satu ini ahlinya. Di dalam tea tree oil, terdapat manfaat balsamik yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh bayi. Efek antibakteri ini pula yang menjaga tubuh bayi dari berbagai serangan penyakit.

Manfaat Tea Tree Oil


2. Meningkatkan Kesehatan
Dengan tubuh yang terlindungi dari bakteri, kondisi bayi akan jauh lebih sehat. Pemakaian tea tree oil secara rutin pada bayi, juga dapat meningkatkan kapasitas penyerapan nutrisinya. Jadi, tubuh bayi akan lebih terjaga, sehat dan mendapat nutrisi yang cukup.

Sahabat Dream bisa mengoleskan tea tree oil untuk memijat tubuh anak secara rutin. Bisa dipakaikan setelah anak mandi pagi atau di sore hari.

Manfaat Tea Tree Oil untuk Meredakan Luka Bayi

3. Mempercepat Penyembuhan Luka
Di dalam tea tree oil terkandung sifat cicatrizant yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam proses penyembuhan luka. Sifat ini pula yang melindungi tubuh bayi dari infeksi berbahaya.

Luka ringan seperti goresan kuku, bekas gigitan nyamuk atau luka luar lainnya, bisa diredakan dengan mengoleskan tea tree oil secara rutin.

Manfaat Tea Tree Oil

4. Mengurangi Rasa Sakit Luka
Tubuh bayi masih rentan terhadap penyakit, terutama penyakit menular yang tidak diprediksi. Misalnya cacar air, gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya. Ketika mengalami masalah tersebut, tubuh bayi akan merasa tidak nyaman. Rasa sakit akan membuat bayi menjadi lebih rewel dibandingkan biasanya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, bisa mengoleskan minyak pohon teh secara rutin. Kandungan alami minyak ini mampu memberikan efek rileks pada tubuh, sehingga rasa sakit bisa diatasi dengan baik.

Manfaat Tea Tree Oil untuk Bayi yang Sedang Sakit

5. Meredakan Batuk
Batuk dan pilek, menjadi satu di antara banyaknya keluhan pada bayi. Penyakit ini sangat mudah menyerang bayi, bahkan di usianya yang masih beberapa bulan. Dengan mengoleskan tea tree oil secara rutin sebelum tidur di bagian dada dan leher bayi, akan membuat kondisinya lebih membaik.

Selain dioleskan, tea tree oil juga bisa diteteskan ke bagian bawah bantal bayi. Agar aroma tea tree oil dapat dihirup bayi saat tidur, sehingga batuknya reda. Masalah pernapasan lain, seperti bronchitis dan sesak napas, juga bisa diredakan dengan tea tree oil, lho.

6. Mengatasi Masalah Keringat
Keringat merupakan salah satu pembuangan kotoran dan racun dalam tubuh. Ketika terjadi penyumbatan di pori-pori dan kelenjar keringat, kondisi tubuh bayi akan melemah karena penumpukan racun dalam tubuh. Tea tree oil mampu meningkatkan produksi keringat, membersihkan pori-pori dan menghilangkan racun lewat keringat.

Manfaat Tea Tree Oil sebagai Stimulan dan Antimikroba

7. Stimulan yang Baik
Minyak pohon teh merupakan minyak alami dengan efek stimulant yang baik. Efek stimulant ini sangat berpengaruh pada sirkulasi darah, sekresi dan kekebalan tubuh bayi. Dengan pemakaian tea tree oil, tubuh bayi akan lebih terlindungi, memiliki sirkulasi darah yang lancar dan sekresi yang aman pula.

Manfaat Tea Tree Oil



Bersifat Antimikroba

8. Mengandung Efek Antimikroba
Efek antimikroba menjadi efek yang paling besar pada tea tree oil. Efek ini sangat berguna untuk melawan bakteri, virus dan mikroba penyebab berbagai penyakit. Terutama penyakit yang memicu peradangan.

Tidak hanya bermanfaat untuk mencegah saja. Kandungan antimikroba dalam tea tree oil juga baik digunakan untuk mengatasi dan meredakan berbagai masalah kesehatan bayi, salah satu penyakit kulit dan batuk.

Tapi, perlu diingat. Penggunaan minyak pohon teh atau tea tree oil pada bayi harus berhati-hati, karena tidak semua bayi cocok dengan kandungan minyak ini. Untuk jalan yang lebih aman, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter tentang penggunaan tea tree oil untuk bayi. (mut)


Sumber: Mom Junction

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Perawatan Penting Kulit Bayi Baru Lahir, Jangan Sampai Iritasi
Perawatan Penting Kulit Bayi Baru Lahir, Jangan Sampai Iritasi

Kulit si kecil rentan mengalami iritasi dan ruam karena suhu maupun bahan-bahan tertentu. Jangan sampai tumbuh kembangnya terganggu karena masalah kulit.

Baca Selengkapnya
Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh, Penurun Gula Darah Hingga Anti-kanker
Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh, Penurun Gula Darah Hingga Anti-kanker

Inilah beberapa manfaat minum air rebusan ketumbar bagi kesehatan tubuh.

Baca Selengkapnya
Dokter Ungkap Bahaya Pakai Lemon dan Kentang untuk Atasi Jerawat
Dokter Ungkap Bahaya Pakai Lemon dan Kentang untuk Atasi Jerawat

Jerawat sering diatasi dengan bahan alami. Tapi apakah bahan alami benar-benar bisa mengatasinya atau hanya menimbulkan efek samping?

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Perpaduan Bahan Aktif Rekomendasi Dokter Kulit yang Bikin Kulit Mulus
5 Perpaduan Bahan Aktif Rekomendasi Dokter Kulit yang Bikin Kulit Mulus

Padukan dua bahan aktif berbeda untuk manfaat skincare yang maksimal. Cari tahu juga perpaduan yang aman untuk kesehatan kulit agar tidak iritasi.

Baca Selengkapnya
5 Obat Anak yang Direkomendasikan Dokter untuk Dibawa Saat Mudik
5 Obat Anak yang Direkomendasikan Dokter untuk Dibawa Saat Mudik

Jika sewaktu-waktu anak mengalami masalah kesehatan, obat tersebut bisa membantu meredakan gejalanya.

Baca Selengkapnya
Manfaat Bayam untuk Kesehatan dan Tips Mengkonsumsinya
Manfaat Bayam untuk Kesehatan dan Tips Mengkonsumsinya

Bayam termasuk sayur yang paling banyak dijadikan menu santapan sehari-hari. Yuk, simak fakta lengkap tentang manfaat bayam!

Baca Selengkapnya