Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

7 Vitamin Esensial yang Sangat Bagus untuk Ibu Hamil

7 Vitamin Esensial yang Sangat Bagus untuk Ibu Hamil Shutterstock.com

Dream – Asupan nutrisi berkualitas sangat dibutuhkan ibu selama kehamilan. Hal ini karena tubuh ibu harus dalam kondisi fit agar kehamilan berjalan baik.

Kesehatan ibu tentunya juga akan sangat menentukan keadaan janin dalam kandungan. Dengan nutrisi yang tepat janin bisa berkembang dan tumbuh secara optimal.

Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan selama kehamilan adalah vitamin. Nah, terdapat beberapa vitamin esensial yang sangat penting bagi ibu hamil.

Bagi Sahabat Dream yang tengah mengandung, sangat disarankan mengonsumsi vitamin-vitamin berikut. 

1. Vitamin Esensial: Vitamin B12

Menurut para pakar, ibu hamil membutuhkan setidaknya 2,5 mcg vitamin B12 di dalam tubuhnya. Salah satu jenis vitamin ini memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan janin.

Disarankan untuk mengonsumsinya setiap hari setidaknya sejak 3 bulan sebelum pembuahan. Setelahnya, ibu juga harus tetap mengonsumsi vitamin B12, terutama di 3 bulan pertama kehamilan. Untuk mendapat dosis yang tepat konsultasikan dulu dengan dokter.

2. Vitamin Esensial: Vitamin D

Tidak hanya vitamin B12 saja, vitamin D juga sangat diperlukan bagi ibu hamil. Diperlukan sekitar 10 mcg vitamin D karena akan membantu memberikan nutrisi dan kekuatan pada janin terutama di bulan pertama kehamilan.

Bisa juga mengonsumsi minyak ikan dan telur secara rutin untuk mendapatkan vitamin D. Jangan lupa untuk berjemur secara rutin setiap pagi.

 

3. Vitamin Esensial: Yodium

Yodium ternyata sangat penting bagi ibu hamil. Zat ini mampu meningkatkan IQ atau kecerdasan anak. Manfaat dari yodium juga bisa dirasakan hingga si kecil beranjak dewasa.

Ibu hamil sangat membutuhkan setidaknya 250 mcg yodium per hari. Tujuannya untuk menghindari terjadinya kerusakan otak pada ibu dan bayi yang akan dilahirkannya nanti.

4. Vitamin Esensial: Magnesium

Para pakar menyatakan, ibu hamil membutuhkan paling tidak 270 mg magnesium untuk masuk ke dalam tubuhnya. Angka tersebut akan naik menjadi 320 mg magnesium bagi ibu menyusui.

Bagi yang belum tahu, magnesium sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk memperbaiki jaringan yang ada di dalam tubuh dengan mudah.Bila terdeteksi kekurangan magnesium selama masa kehamilan ada kemungkinan pertumbuhan janin akan mengalami perlambatan. Tidak hanya itu, kekurangan magnesium juga bisa menyebabkan adanya peningkatan tekanan darah secara konstan pada ibu dan janin.

5. Vitamin Esensial: Asam Folat

Sekitar 600 mcg asam folat dibutuhkan ibu selama menjalani masa kehamilan. Asam folat memiliki peranan penting dalam mencegah terjadinya kelahiran tabung saraf.

Jauh sebelum hamil, ibu sebenarnya dianjurkan untuk mengonsumsi 200 mcg asam folat setiap harinya. Selama 3 bulan pertama kehamilan, konsumsi paling tidak 200 mcg asam folat.

Untuk bisa mencukupi kebutuhan asam folat, bisa mengonsumsi sayuran berdaun, kentang, telur serta buah-buahan. Bahan-bahan makanan tersebut diketahui memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi dan aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

6. Vitamin Esensial: Zat Besi

Ibu hamil juga sangat membutuhkan asupan zat besi paling tidak sekitar 14,8 mg setiap harinya. Zat besi diketahui merangsang produksi darah sehat.

Darah  inilah yang sangat dibutuhkan oleh janin. Jika terdeteksi kekurangan asupan zat besi, ada kemungkinan akan mengalami berbagai macam komplikasi dari sejak kehamilan hingga proses persalinan.

Ibu hamil cenderung akan diberikan suplemen zat besi tambahan terutama di bulan pertama kehamilan. Tidak bisa mengonsumsi suplemen? Tidak perlu khawatir, zat besi juga bisa ditemukan pada beberapa sayuran dan bahan makanan lainnya.

Misalnya seperti sayuran berdaun, daging merah serta kacang-kacangan bisa dikonsumsi. 

7. Vitamin Esensial: Selenium

Pada umumnya, ibu hamil membutuhkan setidaknya 60 mcg selenium per hari. Angka tersebut akan meningkat menjadi 75 mcg selenium ketika ibu sedang menyusui.

Para ahli mengatakan, kekurangan selenium mampu menyebabkan adanya peningkatan risiko keguguran. Selenium sangat penting untuk dikonsumsi secara rutin.

Untuk mencukupi kebutuhan asupan selenium, bisa mencoba mengonsumsi kacang Brazil. Konsumsilah paling tidak 1 genggam kacang Brazil setiap harinya agar asupan selenium bisa terpenuhi. (mut)
 
 
 
(Sumber: Boldsky)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Biar Optimal, Ternyata Ada Waktu Terbaik Konsumsi Suplemen Vitamin

Biar Optimal, Ternyata Ada Waktu Terbaik Konsumsi Suplemen Vitamin

Dengan beragam jenis vitamin, mungkin kamu merasa bingung kapan sebaiknya mengonsumsi vitamin.

Baca Selengkapnya
Cegah Pikun dengan Menerapkan 3 Hal Ini

Cegah Pikun dengan Menerapkan 3 Hal Ini

Pikun bisa dialami di usia muda. Cegah dengan mengonsumsi beberapa jenis vitamin dan melakukan kebiasaan sehat.

Baca Selengkapnya
Jangan Abai, 5 Dampak Buruk Kekurangan Vitamin D untuk Kesehatan Kulit

Jangan Abai, 5 Dampak Buruk Kekurangan Vitamin D untuk Kesehatan Kulit

Perhatikan asupan harian kamu, dan penuhi kebutuhan vitamin D.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Berjemur di Jendela Demi Dapatkan Vitamin D, Seberapa Efektif?

Berjemur di Jendela Demi Dapatkan Vitamin D, Seberapa Efektif?

Menurut beberapa penelitian, kekurangan vitamin D masih menjadi masalah yang paling umum dan kurang lebih dialami 35% orang.

Baca Selengkapnya
Rekomendasi MPASI Pertama yang Bisa Dicoba untuk Anak, Enak dan Tinggi Nutrisi

Rekomendasi MPASI Pertama yang Bisa Dicoba untuk Anak, Enak dan Tinggi Nutrisi

Ingin memberikan MPASI pertama buat si kecil? Ini rekomendasinya yang bisa dipertimbangkan.

Baca Selengkapnya
Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Pisang merupakan buah serbaguna yang terkenal lezat dan kaya manfaat. Yuk, simak manfaat pisang dan tips mengkonsumsinya!

Baca Selengkapnya
5 Rahasia Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Keluarga Sakit Agar Tidak Tertular

5 Rahasia Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Keluarga Sakit Agar Tidak Tertular

Bukan hanya minum vitamin, beberapa hal ini juga penting kamu terapkan agar tak tertular saat keluarga sakit.

Baca Selengkapnya
Moms, Ini Loh Manfaat Menambahkan Keju Pada MPASI Anak

Moms, Ini Loh Manfaat Menambahkan Keju Pada MPASI Anak

Sahabat Dream, sedang bingung mencari ide menu MPASI untuk si kecil? Bagaimana kalau coba menambahkan keju ke dalam makanan anak?

Baca Selengkapnya